Atasi Sembelit dengan Mengkudu
Tanggal Posting : Sabtu, 8 Agustus 2020 | 05:34
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 281 Kali
Atasi Sembelit dengan Mengkudu
Mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki kegunaan untuk mengobati sembelit.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Sembelit alias susah BAB bisa menyerang siapa saja mulai dari anak bayi sampai orang tua. Sembelit memang bukanlah penyakit menular, tapi sembelit bisa mengancam nyawa bila tidak segera ditangani.

Seseorang menderita sembelit karena kurang konsumsi makanan berserat. Alhasil, pergerakan usus tidak lancar. Sembelit juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gula, lemak, dan tepung secara berlebihan.

Ternyata seseorang menderita sembelit tidak hanya karena konsumsi makanan yang salah. Pola tidur yang tidak baik juga memicu sembelit. Stres dan kecemasan juga meningkatkan seseorang terkena sembelit. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan stres mempengaruhi bakteri dalam usus.

Jarang olahraga juga menjadi salah satu penyebab seseorang terkena sembelit. Aktivitas fisik atau olahraga teratur bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus. Seseorang yang menderita sembelit biasanya akan menampakkan sejumlah gejala seperti:

  •     Sakit perut
  •     Sakit saat BAB
  •     tinja keras, kering, atau kental
  •     Usus terasa tidak kosong setelah BAB

Umumnya, seseorang akan mengonsumsi pencahar atau obat resep dari dokter untuk mengobati sembelit. Alih-alih mengonsumsi pencahar, Anda bisa meramu bahan-bahan berikut ini untuk melancarkan pencernaan dan mengobati sembelit.  

Bahan-Bahan:

  • Buah mengkudu masak 2 buah
  • Garam secukupnya

Cara Pembuatan:
Buah mengkudu diparut, diberi Garam sedikit, diperas, disaring.

Cara Pemakaian:
Diminum 2 kali sehari. (Sumber: "Buku Saku 1 Petunjuk Praktis Toga & Akupresur" yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI., Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta: 2015, Hal. 56). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: