Mengobati Ambein dengan Daun Ungu
Tanggal Posting : Rabu, 22 Mei 2019 | 00:49
Liputan : Redaksi - Dibaca : 356 Kali
Mengobati Ambein dengan Daun Ungu
Manfaat Daun Ungu Untuk Ambein. Foto: Artikel "Daun Ungu & Ambein Di Saat Ramadhan", dr. Riris Wd, M.Si

JamuDigital.Com. Ambein terjadi salah satunya karena tinja terlalu keras, sehingga saat melewati dubur terjadi penekanan dan akhirnya terjadi penggelembungan pembuluh darah di dubur.

Hemorid/ambein/wasir adalah: dilatasi/pelebaran/pembesaran varikosus vena plexus hemorrhoidal inferior dan superior. Plexus hemoroid merupakan jalinan pembuluh normal yang terletak pada bagian ujung rectum/anus.

Gambaran Klinis Ambein terbagi sebagai berikut:

  1. Gejala Klinis Hemoroid Internal adalah Prolaps, keluarnya benjolan (mucus), perdarahan, rasa tak nyaman dan gatal
  2. Gejala Klinis Hemoroid Eksternal adalah Lebih dominasi rasa terbakar, nyeri dan gatal

Cara pencegahan ambein dengan hindari terlalu banyak duduk, jangan sering menahan kencing & buang air besar, jangan terlalu sering menggosok dan menggaruk dubur/anus yang berlebihan, jangan suka mengejang/mengedan saat buang air besar.

Daun ungu (Graptophyllum pictum(Lt)) atau biasa disebut juga daun wungu adalah tumbuhan obat dari Papua Nugini dan Polinesia yang kemudian menyebar ke Indonesia.

Nama daerah : demung, tulak, wungu (Jw), daun temen-temen, handeuleum (8d), karotong (Md), temen (BI), kadi-kadi, kobikobi (Tn), dan daun putri (Am).

Manfaat Daun Ungu pada Ambein kandungan kimian berupa pektin menyebabkan saluran cerna mengembang, sehingga mempermudah buang air besar dan tak menimbulkan luka atau peradangan.

Ekstrak etanolnya memberikan manfaat sebagai anti inflamasi (peradangan) dan mengurangi rasa sakit dengan kadar tertinggi dibandingkan NSAID (misal. Aspirin atau Ibuprofen).

Hasil penelitian juga menunjukkan infusa daun ungu dapat digunakan untuk meperlancar BAB, dengan frekuensi konsistensi BAB serta banyaknya tinja(feses). Kandungan kimianya berupa flavonoid bersifat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler di rectum/anus.

Cara Mengkonsumsi:
Cuci dan rebus daun ungu (5 Iembar) dalam air 1,5 gelas air selama 15 menit. Minum Rebusan tersebut 2X sehari (AMBEIN kategori sedang) dan 3X sehari untuk (AMBEIN kategori berat).

Seminggu pertama akan mengurangi rasa nyeri. Bengkak mulai berkurang setelah sebulan. Dan untuk revitalisaSi membutuhkan waktu 3-4 bulan. (Sumber: Artikel "Daun Ungu & Ambein Di Saat Ramadhan", dr. Riris Wd, M.Si). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: