Mengatasi Iritasi Akibat Masker
Tanggal Posting : Minggu, 3 Mei 2020 | 08:40
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 706 Kali
Mengatasi Iritasi Akibat Masker
Jagalah kulit wajahmu agar tidak iritasi akibat terlalu lama pakai masker.

JamuDigital.Com -PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Salah satu efek samping dari terlalu sering pakai masker wajah adalah iritasi kulit. Kondisi iritasi wajah karena masker ini umumnya dialami oleh petugas medis ataupun orang-orang yang sehari-harinya masih aktif berada di luar di tengah pandemi COVID-19 ini.

Memakai masker adalah tindakan yang wajib dilakukan semua orang setiap kali berada di luar rumah untuk mencegah penularan virus corona. Lalu, bagaimana caranya supaya terhindar dari iritasi wajah karena masker?

Berita Terkait: Jenis-Jenis Masker untuk Virus Corona

Berita Terkait: Tips Menggunakan Masker Agar Terhindar dari Virus Corona


Kalau Kamu termasuk orang yang setiap hari harus memakai masker wajah selama berjam-jam, ikuti tips-tips di bawah ini, supaya terhindar dari iritasi wajah karena masker:

1. Rutin Mencuci atau Mengganti Masker
Masker yang sudah kita gunakan pasti sudah terpapar bakteri dan kuman. Ada berbagai macam masker yang bisa kita pilih, masker satu kali pakai atau masker yang bisa digunakan berkali-kali dengan dicuci kembali.

Untuk pengguna masker satu kali pakai, usahakan untuk tidak menggunakan masker yang sama secara berulang. Sedangkan, untuk masker yang bisa dipakai berkali-kali, ada baiknya jika secara rutin dicuci, setiap pemakian 4 jam sekali.

2. Bersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut setelah membuka masker
Segera bersihkan wajah setelah melepas masker. Tindakan ini bertujuan membuang kotoran, keringat, dan zat lain yang melekat di kulit wajah akibat terperangkap masker yang digunakan selama berjam-jam.  

Kamu juga disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan lembut atau gentle. Jangan gunakan pembersih wajah yang membuat kulit kering. Jika mungkin, pilihlah pembersih wajah yang tidak mengandung pewangi.

Sebagai rekomendasi, gunakan pembersih wajah yang bersifat non-foaming atau tidak mengeluarkan busa berlebihan. Saat mencuci wajah, gunakan air hangat, bukan air panas. Mencuci wajah menggunakan air panas bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan meningkatkan risiko iritasi.

3. Aplikasikan pelembab yang mengandung bahan penguat Skin Barrier
Skin barrier adalah lapisan kulit terluar. Gesekan di kulit yang sering terjadi akibat pemakaian masker setiap hari bisa merusak lapisan pelindung kulit terluar, sehingga menyebabkan kulit kering, memar, dan bahkan goresan di kulit wajah.

Maka itu, tips mencegah iritas wajah karena masker yang bisa dilakukan adalah mengaplikasikan pelembab atau moisturizer setelah mencuci wajah. Pelembab yang digunakan perlu disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Namun, ahli merekomendasikan pelembab yang mengandung ceramide, asam hialuronat, dan niacinamide, untuk mengatasi kekeringan dan iritasi.

Ceramide adalah bahan alami kulit yang akan mengembalikan kualitas skin barrier. Asam hialuronat bisa meningkatkan hidrasi sehingga meningkatkan kelembapan kulit. Sementara itu, niacinamide atau vitamin B3 menenangkan kulit serta meredakan kemerahan akibat iritasi.

4. Sebelum tidur, aplikasikan salep untuk mengatasi iritasi
Tips mencegah iritasi wajah karena masker yang ketiga adalah mengaplikasikan salep pada kulit yang mengalami iritasi sebelum tidur. Salep yang direkomendasikan oleh ahli contohnya petroleum jelly dengan kandungan zinc oksida atau dimetikon. Memakai salep seperti ini akan memberikan proteksi ekstra pada kulit. Kamu juga bisa mengaplikasikan salep ini sebelum memakai masker.

5. Rajin Mengonsumsi Air Putih
Air putih tentunya sangat penting untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup setiap hari. Sebab, air berperan penting untuk mengganti cairan di dalam tubuh. Selain itu air juga diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan menyiram racun dari dalam tubuh, termasuk racun penyebab masalah kulit.

Demikian penjelasan tentang tips mencegah iritasi wajah karena masker di atas. Jika Anda termasuk orang yang masih harus beraktivitasi di luar dan harus memakai masker selama berjam-jam setiap hari, maka cobalah mengikuti tips di atas. Jika iritasi kulit wajah yang Anda alami masih belum sembuh juga meskipun sudah mengikuti tips di atas, sebaiknya periksakan ke dokter. (Sumber Berita: Infografis corona.jakarta.go.id). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: