Konsumsi Prebiotik Tingkatkan Imunitas
Tanggal Posting : Selasa, 12 Mei 2020 | 09:01
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 384 Kali
Konsumsi Prebiotik Tingkatkan Imunitas
Ayo tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi prebiotik.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Virus Corona telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, sudah lebih dari 14.000 ribu orang positif terkena COVID-19. Memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan virus ini.

Tidak hanya virus Corona, sistem imun tubuh yang kuat juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya. Maka dari itu, kita harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat. Salah satunya mengonsumsi prebiotik.

Prebiotik adalah bahan makanan berupa karbohidrat komplek yang sulit dicerna oleh enzim pencerna karbohidrat, sehingga tidak disepap oleh usus. Prebiotik merupakan makanan bagi microbiota.

Berita Terkait: Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Untuk Melawan COVID-19

Nah, untuk mengetahui apa itu prebiotik, dan makanan apa saja yang menjadi sumber prebiotic, berikut ini adalah ulasan Infografis dari Kementan. Sumber karbohidrat komplek local Indonesia sebagai prebiotik, bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bahan pangan berikut:

1. Porang
Menurut hasil penelitian mampu menurunkan jumlah bakteri E Coli, meningkatkan jumlah asam lemak rantai pendek, menurunkan pH feses.

2. Uwi, Gadung, dan Talas

Indeks glisemika 14-22, peningkatan jumlah bakteri L.acidophilus, L.paracasei, L.rhamnosus, dan L.plantaraum.

3. Ganyang dan Garut
Mampu meningkatkan jumlah Lactobasillus. Kandungan zat di dalam umbi ganyang dan garut cukup bervariatif, di antaranya adalah protein, lemak, serat, air, pati, zat besi, magnesium, abu, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.

4. Ubi Jalar
Peningkatan Bifidobacterium dan Lactobacillus, terjadi penurunan jumlah Enterobacillus, Clostridium perfringens dan Bacterodies.

Bahan pangan diatas merupakan, bahan pangan yang memiliki prebiotik. Dengan mengkonsumsi bahan pangan itu terutama bagi yang menjalankan puasa Ramadhan, konsumsi karbohidrat komplek sebagai pengganti nasi jelas memiliki keuntungan ganda yaitu perut tidak cepat lapar dan daya tahan tubuh meningkat. (Sumber Berita: Infografis Kementerian Pertanian Republik Indonesia). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: