Ikuti Protokol Isolasi Mandiri COVID-19 dari Kemenkes
Tanggal Posting : Jumat, 27 Maret 2020 | 05:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 822 Kali
Ikuti Protokol Isolasi Mandiri COVID-19 dari Kemenkes
Disiplin menerapkan Protokol Isolasi Mandiri sebagai salah satu cara mencegah penyebaran Virus Corona.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Jumlah pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun yang positif terinfeksi Virus Corona terus meningkat. Lama-kelamaan, fasilitas kesehatan yang ada pun tidak dapat lagi menampung orang-orang yang butuh diisolasi.

Sehingga, Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan protokol isolasi mandiri COVID-19 yang dapat  dijadikan acuan bagi Anda yang perlu menjalaninya.Tidak hanya di Indonesia, isolasi mandiri juga sudah dilakukan di negara-negara dengan jumlah kasus positif COVID-19 yang tinggi, seperti Tiongkok, Korea Selatan, serta Italia.

Berita Terkait: Pemerintah Terbitkan Protokol Kesehatan Penanganan COVID-19

Berita Terkait: Penanganan COVID-19 Ikuti Protokol Kesehatan dari Pemerintah


Tentu, tidak semua orang yang terinfeksi bisa diisolasi secara mandiri. Biasanya, protokol ini perlu diikuti oleh orang dengan kondisi penyakit yang tergolong ringan. Isolasi mandiri perlu dijalankan supaya ruang isolasi di rumah sakit, bisa digunakan oleh orang-orang dengan kondisi penyakit yang sudah perlu penanganan intensif.

"Indonesia Semangat, Kuat Melawan Virus Corona"

Sebab pada dasarnya, infeksi Virus Corona adalah penyakit self limiting disease atau bisa sembuh sendiri, selama daya tahan tubuh penderitanya baik. Kemenkes melalui surat edarannya SE HK.02.01/MENKES/202/2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19). Menjabarkan beberapa langkah atau prosedur sebagai berikut:

  • Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.
  • Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik/umum untuk mencegah penularan.
  • Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media Kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta Riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.
  • Selama di rumah, dapat bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga
  • Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak nafas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan, mandi dan tempat tidur.
  • Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Dan lakukan etika batuk dan bersin.
  • Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (±15-30 menit).
  • Hubungi segera fasilitas pelayanan Kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak nafas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Protokol Isolasi Mandiri adalah bagian dari protokol penanganan Virus Corona yang diterbitkan oleh Kemenkes RI. Sehingga, sebaiknya Anda ikuti langkah-langkah tersebut jika memang sedang menjalani isolas mandiri dan jangan coba-coba untuk melanggarnya. Dengan begitu, penyebaran Virus Corona dapat ditekan dan pandemi dapat segera mereda. (Sumber Berita: Infografis Kemenkes RI., terkait Protokol Isolasi Mandiri). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: