Srategi Mustika Ratu Menembus Pasar Global
Tanggal Posting : Jumat, 2 Oktober 2020 | 07:11
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 920 Kali
Srategi Mustika Ratu Menembus Pasar Global
Kusuma Ida Anjani, Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT. Mustika Ratu, Tbk saat memaparkan strategi Mustika Ratu menembus pasar global.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Kusuma Ida Anjani, Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT. Mustika Ratu, Tbk memaparkan dengan detil bagaimana strategi Mustika Ratu mampu menembus pasar global.

"Ada tiga strategi, yaitu: Pertama, product dan brand image yang ditonjolkan keunikannya. Kedua, efektif dan kualitas, agar dapat bersaing di pasar global. Ketiga, harga yang kompetitif," ungkap Kusuma Ida Anjani pada webinar yang digelar oleh GP. Jamu dan Krista Exhibition pada 30 September 2020.

Tema webinar tersebut "Jamu Modern & Kosmetik Indonesia untuk Pasar Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, & Sri Lanka," yang menghadirkan banyak pembicara kompeten dibidangnya.

Berita Terkait: Jamu Tuan Rumah di Negeri Sendiri, Tamu Terhormat di Negara Lain 

Bertita Tekait: Multiplier Effect Industri Jamu pada Perekonomian 

Berikut ini pemaparan Kusuma Ida Anjani, Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT. Mustika Ratu, Tbk:

Perjalanan Mustika Ratu ke pasar global baik bidang jamu dan kosmetik, dengan mengangkat topik Inovasi Jamu dan Kosmetik sebagai Perawatan Paripurna Berbasis Bahan Alami Indonesia untuk Ekspor.

Pertama-tama, saya ingin mengingatkan kembali Indonesia ini negara yang sangat kaya. Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang mempunyai lebih dari 17.000 pulau dan lebih dari 1.300 suku. Dari sini kita dapat inovasi berbagai produk-produk baik kosmetika dan juga jamu.

Dan Indonesia adalah negara ke-2 terbesar biodiversitas di dunia, lebih dari 30 ribu tanaman obat. Hal ini terbukti dengan adanya inovasi yang dihasilkan oleh pelaku industri jamu. Contohnya lebih dari 10.000 obat tradisional yang telah teregestrasi di BPOM.

Pada masa pandemi COVID-19  kita dapat melihat peluang jamu dan kosmetik berbasis bahan alami di pasar global. Seperti yang diketahui, saya hari ini membawa data dari health and beauty yang didapat pada Juli tahun lalu. Disini terlihat tren produk-produk kosmetika dan juga jamu yang memiliki back to basic.

Strategi yang ingin kami bagikan di Mustika Ratu untuk mengenal negara tujuan ekspor. Pertama adalah product dan brand image yang ditonjolkan keunikannya. Kedua adalah efektif dan kualitas, agar dapat bersaing di pasar global. Ketiga adalah harga yang kompetitif.

Setelah itu kita menentukan target market, mempelajari demand and price landscape dan memilih partner yang tepat untuk berkembang bersama. Dan yang terakhir adalah membuat strategi yang tepat baik di distribusi dan digital marketing.

Mustika Ratu merupakan produk yang mengangkat Indonesian royal heritage yang mencakup natural beauty, health and wellbeing. Mustika Ratu didirikan oleh Hj. Dr. BRA Mooryati Soedibyo- merupakan cucu dari Sri Sultan Pakubuwono X.

Beliau tinggal dilingkungan kerajaan sejak umur 3 tahun dan dari situ beliau mempelajari perawatan tubuh dan peracikan jamu dan kosmetika ala raja dan ratu. Dari situlah timbul komitmen untuk menyebarkan keseluruh masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia.

Menembus Pasar Dunia di 20 Negara

Mustika Ratu

Akhirnya lahirlah Mustika Ratu dari garasi pada tahun 1975 dan akhirnya terdaftar pada tahun 1995 di bursa efek Indonesia. Kami memiliki pabrik jamu di Jakarta dan kami juga mendapatkan Rekor MURI pada tahun 2008.

Sejauh ini kami telah distribusi ke seluruh Indonesia dan ekspor lebih dari 20 negara diantaranya: Kanada, Malaysia, Hongkong, Saudi Arabia, Iraq, Singapura, Rusia dan Suriname.

Dalam memperkenalkan produk kami ke pasar global, kami mengutamakan point-point yang ada disini. Pertama adalah efektifitas. Mustika Ratu memiliki komitmen untuk memberikan produk-produk yang memiliki efikasi. Karena produk-produk ini memiliki royal experience yang ditanamkan langsung oleh Founder kami.

Dari situ kami juga mengangkat natural dan aman, produk-produk kami terkenal aman karena diproduksi oleh pabrik dengan standar manufaktur internasional seperti ISO 9001, ISO 4001, GMP serta sistem jaminan halal.

Mustika Ratu juga memiliki konsep holistic care, memberikan kecantikan paripurna dari dalam menggunakan jamu dan juga dari luar menggunakan kosmetika tatarias wajah dan kosmetika kecantikan. Dari sini, kita mau memperkenalkan perawatan dari sejak dini hingga dewasa dengan produk jamu dan kosmetik.

Berikut saya akan menjelaskan perihal-perihal jamu yang disebutkan tadi sebagai produk-produk jamu modern. Dan produk-produk kami ini sudah di pasarkan di Indonesia atau bahkan di luar negeri. Mustika rRatu sudah menghasilkan lebih dari 1.000 produk.

Pertama adalah produk Jamu Herbamuno Plus. Produk pertama kami ini adalah yang mengangakat fungsi menjaga daya tahan tubuh dengan menggabungkan 5 bahan alam Indonesia yang bahkan 5 bahan ini tercatat 20 tahun lalu yang sudah di tulis dalam buku Founder kami. Produk ini memang kita hadirkan untuk masyarakat pada saat ini baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selanjutnya variasi format jamu modern. Ada jamu empiris, jamu herbal terstandar dan fitofarmaka. Sliming Tea kami adalah produk andalan kami yang sudah hadir ditengah-tengah konsumen. Produk ini berkhasiat untuk menurunkan lemak darah.

Selanjutnya Jamu Tea yang kita jual di Kanada dan USA. Produk ini digemari disana pada saat winter. Dan selanjutnya produk Lokol Tea yang didalamnya terkandung dari tumbuhan kunyit, daun salam, jati belanda, teh hijau dan daun murbei untuk menurunkan lemak darah. Sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Dan yang terakhir Pasak Buwono untuk stamina pria- yang sudah sempat di ekspor ke Rusia.

Dan kami juga memiliki produk jamu dengan format UHT yang lebih dari 30 tahun. Jadi dengan produk jamu seperti ini, jamu kita dapat dibawa dengan mudah kemana-mana dengan bahan yang praktis dan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Dan lagi dapat bertahan lebih lama apabila ingin diekspor.

Kami juga memproduksi jamu sesuai dengan tren anak zaman ini, sehingga anak-anak zaman ini dapat menikmati jamu sebagai lifestyle. Selain format jamu UHT dan bubuk. Kami juga memiliki format jamu wedang, yang memiliki jangka waktu yang lebih lama dan memiliki ekstrak-ekstrak dari bahan yang alami.

Kosmetika Konsep Royal Heritage

Selanjutnya beralih ke kosmetik, seperti yang tadi saya katakan bahwa Mustika Ratu berusaha menanamkan setiap produknya dengan konsep Royal Heritage. Resep rahasia yang telah diberikan oleh ibu Mooryati dari bahan-bahan Indonesia.

Disini di beauty queen yang terinspirasi oleh ratu-ratu dunia. Kami menggunakan ekstrak daun biji kelor yang dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan vitamin C, sehingga mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Jadi beauty queen ini hadir untuk cosmetic with skin care benefits.

Selain tatarias, kami juga memiliki kosmetik untuk perawatan tubuh seperti bengkoang brightening series. Produk ini tidak hanya digemari di dalam negeri bahkan di luar negeri. Terutama warga-warga di Asia yang menyukai produk-produk brightening.

Salah satu produk kami dalam pandemi sekarang, kami menghadirkan kosmetika personal care yang memiliki fungsi membunuh kuman dan bakteri. Yaitu hand sanitizer jelly dan hand sanitizer spray yang mengandung 5 bahan alami.

"Kami yakin bersama-sama kita pasti dapat memajukan jamu dan kosmetika asli Indonesia karya anak bangsa untuk pasar global," tegas Kusuma Ida Anjani mengakhiri paparannya. Redaksi JamuDigigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: