Antisipasi Penyebaran COVID-19 Melalui Airborne
Tanggal Posting : Kamis, 30 Juli 2020 | 08:09
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 165 Kali
Antisipasi Penyebaran COVID-19 Melalui Airborne
Mari ikuti langkah-langkah mengantisipasi penyebaran COVID-19 melalui udara (airborne).

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Belakangan ini, heboh kabar bahwa virus corona baru kini telah menyebar melalui udara (airborne). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui kemunculan bukti-bukti yang melihat kemungkinan COVID-19 bisa menular lewat udara.

Sebelumnya, 239 ilmuwan dari 32 negara mendesak WHO untuk mengukuhkan bukti-bukti temuan mereka. Kendati demikian, penelitian ini dinilai belum rinci sepenuhnya. Meski begitu, kita wajib melakukan pencegahan COVID-19, diantaranya:

1. Mencuci tangan
Sering mencuci tangan selama 20 detik menggunakan air mengalir dan sabun sangat dianjurkan untuk mencegah penularan virus.

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering memegang benda, bahkan secara sadar atau tidak sadar. Permukaan benda bisa saja terkontaminasi dengan virus, dan tangan sangat mungkin menjadi perantara seseorang terkena virus.

Tangan sering memegang bagian tubuh lain yang berpotensi memasukkan virus ke dalam tubuh, seperti mata, hidung, dan mulut. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh bagian-bagian tubuh tersebut. Jika memang tidak terdapat air mengalir atau sabun, dapat menggunakan hand sanitizer.

2. Tetap di rumah jika tak ada kepentingan mendesak
Menjaga diri dengan tetap di rumah jika tidak ada hal yang mendesak, akan meminimalisir setiap orang untuk terjangkit virus corona. Dengan tetap di rumah, seseorang tidak akan berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui riwayatnya.

Apalagi, orang yang terinfeksi COVID-19 tidak semuanya menunjukkan gejala atau terdapat orang tanpa gejala padahal positif terpapar virus. Siapa saja bisa menjadi pembawa atau carrier virus yang dapat menularkan ke orang lain dengan imunitas tubuh yang lemah.

3. Jaga jarak
Menjaga jarak fisik antara satu orang dengan orang lain, apalagi di tempat umum, juga menjadi satu langkah mencegah terinfeksi virus. Menjaga jarak dapat mencegah percikan (droplet) dari orang yang kemungkinan terinfeksi virus corona.

Jaga jarak minimal 2 meter atau lebih. Selain itu, hindari berjabat tangan dengan orang lain. Sebab, tangah dapat menjadi media penyebaran virus corona.

4. Menghindari kerumunan

Jika bisa dihindari, sebaiknya tidak berada di kerumunan. Berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat meningkatkan kemungkinan terjadinya penularan jika terdapat salah satu orang yang terinfeksi virus.

Bahkan, penularan virus disebut semakin tinggi probabilitasnya dalam satu ruang dengan sirkulasi udara kurang baik, terlebih jika ruangan tersebut dihuni oleh banyak orang.

Idealnya, saat pandemi seperti ini, satu orang menguasai 4 meter persegi, sehingga besarnya ruangan dapat disesuaikan dengan jumlah orang di dalamnya.

5. Mengenakan masker

Saat berkegiatan di luar rumah, harus mengenakan masker. Sejumlah studi menyebutkan bahwa mengenakan masker sejauh ini paling efektif untuk menekan penularan virus. Bahkan, sejumlah tempat umum telah mewajibkan orang-orang untuk mengenakan masker.

Penggunaan masker tidak hanya bagi orang sakit, melainkan orang sehat pun karena banyak yang terinfeksi virus namun tanpa gejala. Masker setidaknya akan membantu mengurangi percikan cairan dari mulut atau hidung yang mungkin saja dapat memapari permukaan benda atau bahkan langsung ke orang lain.

6. Menjaga imun tubuh

Imun tubuh yang baik diyakini dapat membuat perlawanan lebih baik terhadap virus. Seseorang dapat menjaga kebugaran badan meskipun di rumah.

Selain itu, menjaga imun dapat dilakukan dengan mengatur gaya hidup, termasuk mengurangi rokok dan alkohol, serta tidur yang cukup, dan asupan yang bergizi.

Nah, itulah 6 cara yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) meski dikabarkan menyebar lewat udara. (Sumber: https://corona.jakarta.go.id/id/publikasi). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: