Stop Penyalahgunaan Obat, Resiko Mengintai
Tanggal Posting : Selasa, 16 November 2021 | 10:02
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 146 Kali
Stop Penyalahgunaan Obat, Resiko Mengintai
Stop penyalahgunaan obat karena dapat menyebabkan ketergantungan, perubahan perilaku, dan dapat dikenakan sanksi pidana.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tahukah kamu penyalahgunaan Obat-Obat Tertentu (OOT) dapat menyebabkan ketergantungan, perubahan perilaku, dan dapat dikenakan sanksi pidana.

Pada tahun 2017 diperkirakan sekitar 1,1 juta (0,55%) penduduk Indonesia berusia produktif (10-64 tahun) menyalahgunakan obat, yang sebagian besar tergolong Obat-Obat Tertentu (OOT).

OOT adalah jenis obat-obatan yang mempengaruhi sistem syaraf pusat dimana pada penggunaan di atas dosis terapi dapat menyebabkan ketergantungan dan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Jika disalahgunakan, bahaya seperti narkotika dan psikotropika.

Dilansir dari Infografis Instagram @bpom_ri, berikut ini Obat-Obat Tertentu yang sering disalahgunakan: a. tramadol b. triheksifenidil c. klorpromazin d. amitriptilin e. haloperidol f. dekstrometorfan.

Dampak kesehatan penggunaan Obat-Obat Tertentu (OOT): Kecmasan dan kebingungan, halusinasi, pandangan kabur, penurunan tingkat kesadaran, kecanduan, gangguan pada jantung, gangguan sistem pernafasan.

Sanksi pidana dapat diberikan bagi mereka yang mengedarkan Obat-Obat Tertentu tanpa kewenangan sesuai dengan Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Kenali obatmu gunakan obat sesuai aturan pakai.

Tanyakan pada apoteker untuk informasi lengkap obat yang digunakan. Mari hidup sehat tanpa penyalahgunaan obat. (Sumber: Infografis Instagram @bpom_ri). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: