Sosialisasi Bude Jamu, Kader PKK Depok: Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Keluarga
Tanggal Posting : Sabtu, 30 November 2019 | 05:18
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 195 Kali
Sosialisasi Bude Jamu, Kader PKK Depok: Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Keluarga
Hera Nurhayati, SP., M.Sc, Peneliti Budidaya Tanaman Obat Balittro, Bogor saat presentasi dihadapan Kader PKK se-Kota Depok, pada 29 November 2019.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Sosialisasi Bude Jamu kepada para Kader PKK se-Kota Depok dengan Tema: Penggunaan Jamu yang Aman, Bermutu, Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Keluarga dilaksanakan di Taman Herbal Insani, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

Event yang digelar oleh Direktorat Produksi dan Distribusi Kefarmasian, Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI. bersama Dinas Kesehatan Kota Depok ini, dihadiri sekitar 300 Kader PKK se-Kota Depok pada Jumat, 29 November 2019.

Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt, MARS, Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian, Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI. dalam sambutan tertulisnya menjelaskan bahwa Jamu memiliki tiga dimensi, yaitu: Dimensi Kesehatan, Dimensi Ekonomi dan Dimensi Sosial-Budaya.

Jamu dalam rangka untuk usaha kesehatan preventif dan promotif dapat membantu untuk menurunkan biaya kesehatan. Germas Bude Jamu (Gerakan Masyarakat Bugar dengan Jamu) telah diluncurkan oleh Kemenkes RI. sejak 23 Januari 2015.

Sosialisasi Penggunaan Jamu yang Aman, Bermutu, dan Bermanfaat ini diharapkan agar para pelaku usaha Jamu Gendong dan Usaha Jamu Racikan dapat menyiapkan Jamu yang dibuatnya secara higienis dengan menjaga kebersihan dan dengan sanitasi yang baik dalam proses pembuatan Jamu.

Salah satu narasumber yang tampil pada kegiatan ini adalah Hera Nurhayati, SP., M.Sc, Peneliti Budidaya Tanaman Obat Balittro (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat) Bogor.

Hera Nurhayati dalam presentasinya menjelaskan bahwa kandungan bahan aktif tanaman obat tergantung dari cara budidaya dan lingkungan tumbuhnya. Lingkungan tumbuh, antara lain: Curah Hujan (Cenderung beriklim agak kering), Ketinggian Tempat, Naungan/Tegakan (Cenderung agak tahan Naungan/di bawah Tegakan Hutan).

Jenis dan Kesuburan Tanah untuk Tanaman Obat juga perlu diperhatikan untuk tanaman obat penghasil Rimpang, Umbi & Akar, Daun, Herba, Kulit, Buah/Biji.

Untuk tanaman obat Rimpang dan Umbi diperlukan tanah yang gembur dan subur. Contohnya tanaman Temu-Temuan, Jahe, Kencur, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini juga dijelaskan oleh Hera Nurhayati tentang berbagai kandungan di dalam tanaman obat dan pengaruhnya, di mana tanaman obat tersebut di tanam. Buah Merah, misalnya: jika di tanam di dataran rendah maka kandungan Tocopherol, Caretonoid, dan Vit C-nya lebih tinggi jika dibandingkan di tanam di dataran tinggi.

Narasumber lainnya, Lasmi dari Komunitas Jamu Gendong Lestari Jakarta yang memotivasi para peserta tentang peluang usaha Jamu Gendong yang telah digelutinya sekitar 30 tahun dan memiliki prospek yang baik untuk menunjang ekonomi keluarga.

Kader PKK Depok

Tampak hadir pada kegiatan sosialisasi Bude Jamu ini, Founder Jamu Digital, Karyanto yang mendapat tugas dari Lurah Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok, Nurhadi untuk mendampingi Kader PKK Kelurahan Sukamaju dan juga dari Kader PKK Kecamatan Cilodong, agar mereka nantinya setelah mengikuti sosialisasi ini dapat menerapkan Gerakan Bude Jamu diwilayahnya masing-masing. Mereka antara lain: Dedeh Mintarsih, Sulastri, Sutini, Siti Rahayu, Tuti, Sayuti, Nunung, Beti, Nexty, Aminah. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: