Selada Laut, Komoditas Bahari Bernutrisi Tinggi
Tanggal Posting : Rabu, 9 Juni 2021 | 10:36
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 169 Kali
Selada Laut, Komoditas Bahari Bernutrisi Tinggi
Selada Laut yang memiliki nama latin Ulva spp. ternyata dapat dibudidayakan di darat.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Bahari Indonesia kaya akan komoditas, salah satunya Selada Laut atau Ulva spp. Meski nutrisinya tinggi, Selada Laut belum dimanfaatkan secara optimal.

"Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa Selada Laut memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sulfated polysaccharide yang terkandung di dalamnya memiliki aktivitas biologi sebagai immunomodulator, antijamur, antibakteri, antivirus, antioksidan, antikoagulan, antihiperlipidemia, dan antikanker," tulis akun Instagram @lipiindonesia, Selasa, 8 Juni 2021.

Balai Bio Industri Laut LIPI tengah mengembangkan teknologi budidaya Selada Laut untuk dikembangkan di darat (inland farming). Pengembangan teknologi budidaya ini perlu dilakukan sehingga ketersediaannya tidak hanya mengandalkan dari alam saja.

Proses budidayanya dilakukan melalui pemeliharaan dengan menggunakan bak-bak kultur dengan kondisi yang terkontrol. "Selada Laut memiliki potensi yang luas untuk dimanfaatkan dalam industri farmasi," kata Peneliti Balai Bio Industri Laut LIPI, Yanuariska Putra.

Yanuariska menambahkan, pengembangan teknologi budidaya Selada Laut ini perlu dilakukan. Tujuannya agar ketersediaan bahan baku industrinya dapat terpenuhi secara berkelanjutan. (Sumber: Infografis Instagram @lipiindonesia). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: