Resep Unik, Puding Daun Kelor
Tanggal Posting : Senin, 7 September 2020 | 08:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1913 Kali
Resep Unik, Puding Daun Kelor
Puding daun kelor, aneka olahan yang unik dan tradisional.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Daun kelor menjadi banyak perbincangan dalam beberapa tahun terakhir. Daun kelor dengan nama latin Moringa oleifera ini memang sudah diakui oleh FAO (Organisasi Pangan PBB) sejak tahun 2016, serta dinobatkan sebagai pohon ajaib oleh WHO (Organisasi Kesehatan PBB).
 
Daun kelor juga termasuk tanaman yang ramah, mudah di tanam, sehingga orang bisa dengan menemukannya. Kelor dikenal sebagai Miracle Tree, Tree For Life atau Amazing Tree. Sebutan tersebut muncul karena bagian tanaman kelor mulai dari daun, buah, biji, bunga, kulit, batang hingga akar dapat dimanfaatkan dalam bahan pangan dan industri kosmetik.

Berita Terkait: Olahan Botok Daun Kelor

Berita Terkait: Badan POM Rilis Daftar OMAI 2020


Bagian tanaman kelor yang paling banyak dimanfaatkan adalah daunnya. Daun kelor mengandung zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya, B karoten, thiamin (B1), Riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin D, E dan K, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, seng, dan vitamin.

Daun kelor dapat diolah menjadi beraneka olahan untuk keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Berikut ragam pemanfaatan daun kelor yang diolah menjadi olahan keluarga:

Bahan-Bahan:

50 gram daun kelor, 1 bungkus agar-agar plain, 180 gram gula pasir, santan kental 40 ml, 1 ruas kayu manis, 9 cm daun pandan, Air 800 ml

Cara Pengolahan:

  1. Siapkan bahan-bahan.
  2. Agar-agar plain, gula pasir dan air dibagi 2 sama banyak.
  3. Air 400 ml didihkan, masukan kayu manis, daun pandan dan daun kelor, masak selama 2 menit. Dinginkan dalam suhu ruang. Setelah dingin ambil kayu manis dan daun pandan kemudian haluskan campur air dan daun kelor menggunakan blender.
  4. Setengah bagian agar-agar dimasukan ke dalam campuran daun kelor (poin 2), aduk sampai rata dan panaskan. Masukan 90 gram gula pasir, aduk dan masak sampai mendidih. Tunggu beberapa saat sampai uap panas hilang sambil diaduk dan tuang ke dalam cetakan.
  5. Setelah bagian agar-agar sisanya dimasukkan ke dalam 400 ml air, aduk sampai rata dan panaskan. Masukkan santan kental dan 90 gram gula pasir. Aduk dan masak sampai mendidih.
  6. Tunggu beberapa saat sampai uap panas hilang sambil diaduk dan tuang ke dalam cetakan yang telah berisi agar daun kelor yang sudah memadat.
  7. Potong pudding daun kelor sesuai selera dan siap untuk dihidangkan. (Sumber: Warta "HORTUSMED B2P2TOOT Kemenkes RI." Edisi 2 tahun 2019, Hal. 57). Redaksi Jamu Digital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: