Progam WETON Puskesmas Kertosono, Edukasi Manfaat Jamu
Tanggal Posting : Sabtu, 29 Mei 2021 | 06:30
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 240 Kali
Progam WETON Puskesmas Kertosono, Edukasi Manfaat Jamu
Model edukasi WETON di Puskesmas Kertosono ini, dapat dijadikan model oleh Puskesmas lain di seluruh Indonesia

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Memperingati Hari Jamu Nasional 2021- "Memanfaatkan Peran Jamu untuk Memelihara Kesehatan Masyarakat", Puskesmas Kertosono, Jawa Timur melakukan kegiatan edukasi manfaat minum Jamu melalui program WETON.

Adalah dr. Suyanto Cipto Atmojo, Kepala Puskesmas Kertosono yang membuat program WETON (Wisata Edukasi Tanaman Obat Negeri) di Puskesmas Kertosono, Jawa Timur.

Konsep Weton, yang dicetuskan pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur tahun 1972 ini, berdasarkan analisa bahwa Puskesmas  menjalankan tugas fungsi sesuai amanah Permenkes 43/2019 mengampu program pengembangan Penyehat Tradisional dengan indikator penyehat tradisional dilakukan pembinaan  ASMAN dan berizin.

Peran Jamu

"Membudayakan minum Jamu oleh generasi muda- mulai TK, SD bahkan SMA. Jika tidak akan kehilangan aset terbesar yaitu generasi yang tidak paham dengan  kekayaan negerinya sendiri, atau asing di rumah sendiri," ungkap dr. Suyanto sebagaimana disampaikan kepada Redaksi JamuDigital.Com usai memeriahkan Hari Jamu Nasional 2021, pada 27 Mei 2021.

Dokter yang memiliki motto hidup "Beri manfaat sebanyak-banyaknya  selagi sempat" ini, memprihatinkan kondisi yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung-jawab yang mencampur Jamu dengan Bahan Kimia Obat (BKO).

Seperti kelompok dexamethasone, prednisone, ibuprofen, sehingga efeknya instan yang didapat Jamu menjadi cepat bereaksi. Langkah ini melanggar peraturan dan membahayakan kesehatan masyarakat.

Kondisi ini, dipandang oleh para tenaga kesehatan dapat memurunkan  image Jamu yang seharusnya natural berkelas, tetapi dicemari oleh oknum tidak bertanggung-jawab yang mencampur Jamu dengan BKO.

Kehadiran WETON, kami harapkan dapat mengembalikan aset bangsa berupa Jamu melalui edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan di Puskesmas, dr. Suyanto menegaskan.

Model edukasi WETON di Puskesmas Kertosono ini, dapat dijadikan model oleh Puskesmas lain di seluruh Indonesia, agar masyarakat semakin terbiasa minum Jamu untuk menjaga kesehatannya. Redaksi JamuDigital.Com

Weton



Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: