Pemerintah Anugerahkan IHYA Award 2022, Dexa Group Mendapat Award Kategori Best Halal Innovation
Tanggal Posting : Rabu, 14 Desember 2022 | 07:09
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 917 Kali
Pemerintah Anugerahkan IHYA Award 2022, Dexa Group Mendapat Award Kategori Best Halal Innovation
Dexa Group- pelopor riset bahan alam Indonesia, dan memproduksinya menjadi OMAI- tersertifikasi Sistem Jaminan Produk Halal, mendapatkan IHYA 2022, Kategori Best Halal Innovation.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya pada "Indonesia Halal Industry Awards 2022", pada Jumat, 9 Desember 2022 menyebutkan sebagai negara dengan umat muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi target utama pasar produk halal dunia.

"Untuk itu, perlu melakukan repositioning agar bisa tampil sebagai pemimpin global di dunia industri halal.

The State of the Global Islamic Economy Report 2022 mencatat, pengeluaran umat muslim Indonesia untuk produk dan layanan halal mencapai USD184 miliar pada tahun 2020 dan diproyeksikan meningkat sebesar 14,96% pada tahun 2025 yaitu USD281,6 miliar atau 11,34% dari pengeluaran halal global," ungkap Airlangga Hartarto.

Walaupun demikian, lanjut Menko Airlangga Hartarto seperti dikutip di laman web Kemenperin, patut kita syukuri bersama bahwa Indonesia, secara agregat dapat dikategorikan sebagai net exporter produk halal.

Hal ini tercermin dari data Indonesia Halal Markets Report 2021/2022 yang menunjukkan bahwa di tahun 2020 Indonesia mengekspor total USD46,7 miliar produk halal (makanan, fashion, farmasi, kosmetik) secara global, dan mengimpor produk halal senilai USD14,5 miliar, atau surplus senilai USD32,2 miliar.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan untuk mendukung ekosistem pertumbuhan dan perkembangan industri halal nasional, Kementerian Perindustrian telah memasukkan Pemberdayaan Industri Halal sebagai bagian dari Kebijakan Industri Nasional (KIN) yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden nomor 74 tahun 2022 tentang Kebijakan Industri Nasional tahun 2020-2024.

"Kami juga telah menambahkan Pemberdayaan Industri Halal dalam revisi Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035," ujar Agus.

Lebih lanjut, tahun ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah melaksanakan fasilitasi sertifikasi kompetensi untuk auditor halal dan penyelia halal, serta fasilitasi sertifikasi industri halal dengan target 1.050 industri. Kemudian, memperkuat kelembagaan sertifikasi halal melalui pembentukan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Hingga saat ini, Kemenperin sudah mempunyai lima LPH yang sudah terakreditasi.

Selain menyelenggarakan kegiatan-kegiatan penguatan kelembagaan industri halal, Kemenperin juga memberikan apresiasi kepada para pelaku dan pemangku kepentingan yang berperan aktif dalam penumbuhan, pengembangan dan pemberdayaan industri halal nasional melalui ajang Indonesia Halal Industry Awards (IHYA).

OMAI Dexa Group Mendapat Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022

Dexa Group sebagai pelopor riset bahan alam asli Indonesia, dan kemudian diproduksi menjadi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI)- telah tersertifikasi Sistem Jaminan Produk Halal, mendapatkan award "Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022", Kategori Best Halal Innovation.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia sebagai penyelenggara memberikan apresiasi kepada industri yang telah berkontribusi dalam memperkuat ekosistem industri halal di Indonesia.

Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang menyerahkan IHYA Award 2002 kepada Pimpinan Dexa Group, Ferry Soetikno, disaksikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Ferry Soetikno seperti dikutip di laman web Dexa Group mengapresiasi penganugerahan IHYA 2022. Dan menyamaikan komitmen Dexa Group untuk menjamin keamanan dan kehalalan produk farmasi, serta mendukung pertumbuhan industri halal di Tanah Air.

"Penghargaan ini menjadi bukti komitmen kami yang terus bertumbuh cepat untuk memproduksi obat-obatan berkualitas sesuai core purpose perusahaan yakni Expertise for the Promotion of Health.

Dexa Group merupakan pionir dalam riset dan pengembangan produk Fitofarmaka yang merupakan Obat Modern Asli Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi Sistem Jaminan Halal dan Sertifikasi Halal pada bahan baku aktif (bio-active fraction) maupun produk jadi.

Kami juga mendukung potensi pasar halal dunia dan di Indonesia yang sangat besar peluangnya," ungkap Ferry lebih lanjut.

Dexa Group memiliki ribuan produk yang telah tersertifikasi halal. Produk Dexa Group yang sudah tersertifikasi halal mencapai 97% atau lebih dari 1.300 produk. Produk-produk Dexa Group tersebar di lebih dari 13.000 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Obat Generik Berlogo (OGB) Dexa yang tersertifikasi halal telah digunakan di banyak rumah sakit di seluruh Indonesia seperti Rumah Sakit Muhammadiyah.

"Rumah Sakit Muhammadiyah menggunakan produk OGB Dexa berlogo halal karena sudah terjamin kehalalannya dan pasien di seluruh Indonesia lebih peace of mind untuk menggunakan OGB Dexa berlogo halal," kata Ferry Soetikno menambahkan. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2024. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: