Menkes RI.,Terawan Agus Putranto Dukung Pengobatan Tradisional dan Jamu
Tanggal Posting : Rabu, 6 November 2019 | 07:59
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 708 Kali
Menkes RI.,Terawan Agus Putranto Dukung Pengobatan Tradisional dan Jamu
Komis IX DPR menggelar Rapat Kerja bersama Menteri Kesehatan RI., Terawan Agus Putranto. Foto: www.rmol.id

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Anggota Komisi IX mengusulkan agar Jamu dan Pengobatan Tradisional dapat menjadi salah satu terobosan terbaru yang dapat diwujudkan oleh Kementerian Kesehatan RI. sebagai pengobatan alternatif dari herbal yang dimiliki Indonesia.

Hal ini terungkap, ketika Rapat Kerja Komisi IX DPR RI. dengan Menteri Kesehatan RI., dr. Terawan Agus Putranto  di Gedung Nusantara I, Kompleks DPR RI., Senayan, Jakarta, pada Selasa, 5 November 2019.

Menyikapi hal ini, Menkes RI., dr Terawan Agus Putranto menyambut baik ide tersebut dan mengaku akan membuat area khusus pengobatan tradisional.

"Saya bikinkan untuk area untuk obat-obat tradisional, karena itu adalah merupkan kearifan lokal bangsa yang berkaitan dengan UMKM juga, jadi kami sangat mendukung, nanti kami juga akan melanjutkan riset-risetnya yang lebih memadai," ungkap Terawan sebagaimana dikutip situs: www.rmol.id

Selain itu dia juga akan membentuk Intercontinental Wing untuk obat-obatan tradisional Indonesia, agar dapat menjadikan pengobatan alternatif dari kearifan lokal Indonesia.

Pada Rapat Kerja Komisi IX DPR tersebut, dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, Direktur Utama Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fachmi Idris dan Kepala Badan POM, Penny Kusumastuti Lukito.

Anggota Komisi IX, Imam Suroso meminta Menkes untuk melakukan terobosan baru di dunia kesehatan, untuk mengembangkan obat herbal asli Indonesia yakni Jamu untuk mencegah penyakit.

"Coba Bapak punya terobosan, bagaimana Jamu dikemas sebagai ekstrak, kemudian dimasukkan ke dalam kapsul. Itu biaya murah, namun cespleng untuk rakyat. Untuk pencegahan saja, untuk penyakit sekarang ini butuh terobosan spesifik," ungkap Imam.

Anggota Komisi IX DPR RI. lainnya, Arzeti Bilbina berharap Menkes mampu menghidupkan kembali produksi Jamu Indonesia. "Menambahkan kembali tadi Pak Imam, saya kira sedikit terkait mengenai herbal atau Jamu, kita tahu di China sendiri bahwa ini merupakan satu cara bagi mereka untuk mendatangkan wisatawan, di mana kita dari wisatawan ini untuk datang mengunjungi pabrik yang memberikan pengobatan herbal atau Jamu," papar Arzeti.

Mendapat pertanyaan itu, Terawan menegaskan jika pihaknya mendukung terkait pengobatan tradisional, herbal dan Jamu. "Sikap saya terhadap pengobatan tradisional adalah mendukung. Kami akan lakukan riset-riset lagi," tutur Terawan.

Sumber berita: https://politik.rmol.id/read/2019/11/05/409061/Ketika-Anggota-DPR-Minta-Menkes-Buat-Jamu-%3Ci%3ECespleng%3C/i%3E- dan https://politik.rmol.id/read/2019/11/06/409082/dr-Terawan-Akan-Jadikan-Jamu-Dan-Kerokan-Program-Terobosan-Alternatif-Kesehatan-. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: