Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan, Baik untuk Tulang dan Sendi
Tanggal Posting : Rabu, 10 Januari 2024 | 09:38
Liputan : Redaksi JamuDigital.com - Dibaca : 154 Kali
Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan, Baik untuk Tulang dan Sendi
Daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Singkong merupakan salah satu tanaman pangan yang paling penting di dunia. Meski bagi sebagian orang tanaman ini dianggap biasa saja bahkan disebut sebagai makanan masyarakat kelas bawah.

Selain umbinya yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, daun singkong juga kerap dikonsumsi serta diolah menjadi makan super lezat. Daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin, protein, asam amino, klorofil, dan magnesium.

1. Meningkatkan imunitas

Dikutip dari website Radar Utara, daun singkong mengandung vitamin C dan folat yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu menghancurkan bakteri dan virus, sedangkan folat meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA.

Vitamin C dalam daun singkong merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang tersedia di alam. Satu cangkir daun singkong mentah mengandung sekitar 200 miligram vitamin C, yang setara dengan 40% dari kebutuhan harian orang dewasa.

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Folat dalam daun singkong juga penting untuk meningkatkan imunitas. Folat membantu tubuh memproduksi sel darah merah baru, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah merah yang sehat penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

2. Mengurangi radang sendi

Daun singkong mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan mineral penting yang berperan dalam mengurangi peradangan. Magnesium juga menurunkan risiko patah tulang karena dapat menjaga kepadatan tulang.

Magnesium dalam daun singkong dapat membantu mengurangi peradangan dengan menghambat produksi enzim yang terlibat dalam proses peradangan. Magnesium juga dapat membantu mengurangi kontraksi otot yang sering terjadi pada penderita radang sendi.

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Daun singkong mengandung magnesium dan kalsium yang penting untuk menjaga kepadatan tulang. Magnesium diperlukan tubuh untuk membentuk sel tulang baru, sedangkan kalsium berperan dalam menjaga kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Magnesium dalam daun singkong dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dari usus. Magnesium juga dapat membantu mengurangi hilangnya kalsium dari tulang.

Kalsium dalam daun singkong merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang tersedia di alam. Satu cangkir daun singkong mentah mengandung sekitar 100 miligram kalsium, yang setara dengan 20% dari kebutuhan harian orang dewasa. Kalsium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

4. Mencegah kwashiorkor

Kwashiorkor adalah malnutrisi akibat kekurangan protein. Daun singkong merupakan sumber protein yang baik. Protein diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Satu cangkir daun singkong mentah mengandung sekitar 5 gram protein, yang setara dengan 10% dari kebutuhan harian orang dewasa. Protein dalam daun singkong merupakan protein berkualitas tinggi yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

5. Baik untuk ibu hamil

Daun singkong merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, dan depresi pasca melahirkan.

Satu cangkir daun singkong mentah mengandung sekitar 3 miligram zat besi, yang setara dengan 15% dari kebutuhan harian wanita hamil. Zat besi dalam daun singkong merupakan zat besi non-heme, yang lebih mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi heme yang terdapat pada daging dan ikan.

Daun singkong juga mengandung folat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Folat penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin, sedangkan vitamin C membantu menyerap zat besi dengan lebih baik.

6. Mengatasi diare

Ekstrak daun singkong dapat mengobati diare. Ekstrak daun singkong dapat memperlambat motalitas usus yang membantu mencegah diare.

Ekstrak daun singkong mengandung senyawa antidiare yang disebut tanin. Tanin dapat mengikat air di dalam usus, sehingga membantu mengeraskan tinja. Tanin juga dapat mengurangi peradangan di saluran pencernaan.

Daun singkong dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti ditumis, direbus, atau dimasak bersama sayuran lain. Daun singkong juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti keripik, abon, dan tepung. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2024. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: