Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh
Tanggal Posting : Minggu, 21 November 2021 | 05:12
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 191 Kali
Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh
Berikut ini manfaat Bengkoang untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Rasanya tidak lengkap kalau makan asinan atau rujak buah tanpa kehadiran Bengkoang. Makanan ini memiliki rasa yang manis serta tekstur yang crunchy, sehingga sering jadi favorit banyak orang. Apalagi, makanan ini pun memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Bengkoang atau bengkuang, dengan nama latin Pachyrrhizus erosus, adalah salah satu jenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Meski demikian, jenis umbi ini sudah banyak ditemukan di Asia, termasuk Indonesia, dan seringkali menjadi bahan masakan atau sebagai camilan harian.

Bengkoang pun mengandung jenis vitamin dan mineral lain, seperti folat, magnesium, selenium, mangan, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E. Di dalam Bengkoang juga terdapat kandungan gizi penting lain, yaitu fitonutrien (phytonutrient), yang berasal dari tanaman dan menjadi pemberi warna pada tanaman tersebut. Adapun fitonutrien diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh Anda.

Dilansir dari Infografis Instagram @kementerianpertanian, Bengkoang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat Bengkoang untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan imun tubuh

Dalam 100 gram buah Bengkoang terkandung sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh. Adapun asupan vitamin C dalam tubuh memainkan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh meningkat, tubuh tidak akan mudah terserang bakteri, virus, ataupun jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Meningkatkan fungsi otak

Khasiat Bengkoang yang tidak kalah penting yang bisa Anda dapatkan adalah otak yang lebih sehat. Hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang penting untuk perkembangan otak secara normal, termasuk fungsi kognitif, serta menjaga kesehatan sistem saraf dan sistem kekebalan.

Mampu menurunkan berat badan

Bengkoang merupakan makanan rendah kalori, sehingga sayuran umbi ini cocok bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat dalam bengkoang juga bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu menjaga pola makan Anda.

Mengontrol kadar gula darah

Bengkoang mengandung kadar glukosa rendah yang baik untuk penderita diabetes, karena tidak akan meningkatkan gula darah. Selain itu, kandungan serat dalam bengkoang pun dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Adapun kedua hal ini dapat membantu melawan diabetes yang Anda alami.

Melancarkan sistem pencernaan

Sama seperti manfaat sayur dan buah, makan Bengkoang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi akan serat. Pasalnya, kandungan serat pada Bengkoang cukup tinggi. Bahkan, Food revolution Network menyebut, mengonsumsi satu cangkir bengkoang bisa membantu memenuhi seperempat kebutuhan serat harian.

Mampu menjaga kesehatan jantung

Bengkoang memberi manfaat untuk kesehatan jantung dalam berbagai cara. Pertama, kandungan antioksidan yang ada dalam jenis umbi ini dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk pada jantung. Selain itu, serat di dalamnya pun dapat membantu menurunkan peradangan, kadar kolesterol jahat (LDL), dan tekanan darah.

Bantu turunkan risiko kanker

Efek antioksidan dari vitamin C, vitamin E, selenium, dan senyawa lainnya dalam Bengkoang juga berdampak positif pada pencegahan penyakit kanker. Sebagaimana informasi sebelumnya, senyawa antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan sel yang merupakan penyebab berbagai penyakit kronis. Adapun hal tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. (Sumber: Infografis Instagram @kementerianpertanian). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: