Mahasiswa Fakultas Kedokteran UKI, Belajar Herbal Medicine
Tanggal Posting : Kamis, 16 Januari 2020 | 13:15
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1257 Kali
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UKI, Belajar Herbal Medicine
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UKI, Belajar Herbal Medicine di Griya Sehat Mahkotadewa, Jakarta, pada Rabu, 15 Januari 2020.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Potensi herbal Indonesia untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terus mendapat atensi berbagai pihak, termasuk dari para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Jakarta yang belajar herbal medicine di Griya Sehat Mahkotadewa- Jakarta, pada pada Rabu, 15 Januari 2020.

Sebanyak 48 mahasiswa FK UKI yang sedang duduk di semester 7 didampingi oleh dua dosen Departemen Farmakologi dan Terapi, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, yaitu dr.Hertina Silaban, M.Si dan Fransiska Sitompul, M.Farm, Apt. melihat langsung kegiatan pengobatan tradisional di Griya Sehat Mahkotadewa di Jakarta yang dipimpin oleh Ning Harmanto.

Dr.Hertina Silaban, M.Si, dosen (tersertifikasi) di Departemen Farmakologi dan Terapi, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Departemen Farmakologi dan sebagai Koordinator dari blok elektif: Herbal Medicine kepada Redaksi JamuDigital.Com menjelaskan bahwa dalam kurikulum Sarjana Kedokteran di FK UKI menjalani perkuliahan dengan sistem blok.

"Kurikulum ini (KBK= kurikulum berbasis kompetensi) di semester 7 merupakan blok elektif (pilihan), jadi mahasiswa diberi kesempatan memilih sesuai dengan minatnya untuk mempelajari mengenai Herbal Medicine," ujar Hertina Silaban menjelaskan.

Melalui pembelajaran di blok ini, lanjut Hertina yang sudah mengajar di FK UKI sejak tahun 2002, diharapkan kelak mahasiswa FK UKI akan menjadi dokter yang memahami berbagai aspek tanaman obat herbal yang berpotensi sebagai modalitas terapi berbasis kearifan lokal yang ada di masyarakat, perkembangan herbal medicine saat ini, menggunakan TOGA untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, mempelajari efektivitas, efek samping maupun toksisitas serta aplikasi dari berbagai tanaman obat di Indonesia

"Mereka juga memahami aspek medikoetikolegal dari pemanfaatan herbal dalam pelayanan kesehatan formal, dan juga diharapkan dapat menjadi dokter yang menyukai penelitian terkait dengan obat herbal," ungkap dr. Hertina Silaban.

FK UKI

Melalui kunjungan ke Griya Sehat Mahkotadewa, mahasiswa dapat melihat langsung praktek kesehatan tradisional sebagai bagian dari kekayaan tradisi nenek moyang yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan untuk pemeliharaan kesehatan.

Ke depan, agar mereka dapat menjadi dokter yang tidak lagi alergi dengan modalitas pengobatan herbal dan dapat secara bijaksana menyikapinya. Karena kita tahu, herbal mempunyai efektivitas dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang diberikan begitu melimpah sumber alam dari Sang Pencipta, agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Mereka juga diharapkan memahami bahwa herbal dapat menjadi peluang untuk diolah sebagai sumber bahan baku obat yang saat ini dirasakan semakin mahal. Dan terinspirasi untuk penelitian di bidang kesehatan, papar dr.Hertina Silaban, M.Si, alumni Magister Herbal UI ini mengharapkan. Redaksi JamuDgital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: