Lima Pilar Strategis, Kokohkan HGI-SoMan Menatap Pasar Global
Tanggal Posting : Selasa, 25 Mei 2021 | 10:27
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 425 Kali
Lima Pilar Strategis, Kokohkan HGI-SoMan Menatap Pasar Global
Produk Soman sedang berproses uji klinik sebagai imunomodulator penanaganan COVID-19, dibiayai oleh Ristek BRIN-LPDP, didukung oleh IAI, UGM, Unpad, Unair, Unjani, Kemenkes dan Badan POM.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Memperingati Hari Jamu Nasional 2021- "Memanfaatkan Peran Jamu untuk Memelihara Kesehatan Masyarakat", Media Jamu Indonesia-JamuDigital mewawancarai sejumlah tokoh Jamu Nasional untuk membahas berbagai peluang dan tantangan Jamu Indonesia.

Kali ini ditampilkan pandangan dari Riyanto, Presiden Direktur PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI)- produsen Jamu Tetes Soman. Apa kiatnya hingga produknya dapat menerobos ke pasar global, bahkan dapat masuk ke pasar China yang sangat terkenal dengan tradisi pengobatan tradisionalnya, yaitu TCM (Traditional Chinese Medicine). Semoga dapat menjadi pembelajaran yang berharga!

Peran Jamu untuk Kesehatan

Lima pilar strategi yang diusung HGI-SoMan mengembangkan bisnis Jamu, sebagai berikut:

• Strategi Cost Leadership. Setiap unit kerja lebih efisien dan dinamis untuk meningkatkan Value dari produk yang dipasarkan. Dalam menerapkan strategi ini, perseroan fokus kepada:  1. Penerapan proses produksi Bio Teknologi Modern yang menjadi keunggulan perusahaan, 2. Optimasi kapasitas, 3. Menjaga ketersediaan produk di pasar, 4. Optimasi promosi, melalui berbagai media: ATL, BTL, TTL.

• Strategi Diferensiasi. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, PT. HGI sebagai prinsipal, membuat produk yang dipasarkan berbeda dan lebih unggul dibanding produk-produk sejenis, Konsistensi mutu & khasiat, Penerapan manajemen mutu sesuai Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Sistem IS, agar mutu dan khasiat terjamin.

• Strategi Inovasi. Inovasi produk baru sedang dalam proses pengembangan, dengan bahan baku yang berbeda dan tetap mengandalkan proses produksi Bio Teknoloogi Modern, sehingga mampu menghadapi persaingan usaha yang kompetitif.

• Strategi Pertumbuhan. Perusahaan melakukan diversifikasi ke arah produk-produk kesehatan lainnya: seperti supplemen kapsul dan minyak angin aroma therapy. Perusahaan juga masuk ke segmen pasar pemerintah untuk produk herbal Soman: Dipilih dan dipergunakan oleh SatGas COVID-19 Nasional/BNPB sebagai herbal yang digunakan untuk Program Penambah Daya Tahan tubuh. Dipergunakan oleh beberapa Pemerintah Daerah sebagai pendukung terapi penanganan COVID-19 .

• Strategi Aliansi. Sertifikasi USA FDA atas fasilitas produksi PT HGI sudah diperoleh pada Agustus 2020, menjadi nilai tambah dan daya saing untuk pemasaran produk PT HGI di luar negeri. Proses kemitraan dengan mitra dari luar negeri masih tetap berjalan, namun terkendala dengan adanya wabah Pandemi COVID-19. Saat ini perusahaan sudah mengekspor ke 28 negara, termasuk ke AS dan Cina yang terkenal dengan TCM-nya.

Untuk pasar dalam negeri relative masih bertahan, sedangkan untuk pasar luar negeri tertahan karena adanya ketentuan dan aturan masing-masing Negara terkait adanya wabah COVID-19.

Soman di Luar Negeri

Langkah apa untuk menghadapi situasi pandemi ini?

Tetap menjalankan strategi yang ada, khususnya komitmen pada penerapan Strategi Cost Leadership karena pandemi COVID-19 diperkirakan masih akan ada dalam 1-2 tahun ke depan.

Apa harapan pada Hari Jamu Nasional 2021?

Ada wujud nyata peran dari pemerintah dalam bentuk keberpihakan kepada produk Jamu, melalui deregulasi maupun regulasi pemanfaatan dan penggunaan Jamu di layanan-layanan kesehatan, khususnya yang sudah teruji dan terbukti dengan scientific evidence base.

Apa update eksistensi HGI-SoMan di pasar luar negeri?

Produk PT HGI sudah dipasarkan ke lebih dari 28 negara, di Asia Tenggara, Polinesia, China, Afrika dan Amerika Serikat.

Produk Soman sedang berproses untuk uji klinik sebagai imunomodulator penanaganan COVID-19, yang dibiayai oleh Ristek BRIN-LPDP, serta didukung oleh IAI, UGM, Unpad, Unair, Unjani, Kemenkes dan Badan POM.

PT HGI sedang dalam proses untuk pengembangan beberapa produk baru yang disesuaikan dengan permaslahan kesehatan dasar di Indonesia, salah satunya adalah produk herbal yang didedikasikan untuk mengatasi masalah stunting dan tumbuh kembang anak. Redaksi JamuDigital.Com

Keterangan Foto (kiri-kanan): Mitra Bisnis Distribusi HGI di Luar Negeri. Djoko Rusdianto, Direktur Business Development, External Affairs & Corporate Secretary PT. Soman Internasional Indonesia,  dr. LIoyd D. Balajadia, CEO LIoyd Pharma Philipine, Riyanto, Presdir HGI, Anung Budhi Mahatma, Dirut LIyod Pharma Indonesia.

Soman dan Mitra Luar Negeri


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: