Kolaborasi Dua Saintis, Terbitkan eBook Sains Islam Tumbuhan Obat di Al Quran
Tanggal Posting : Selasa, 20 April 2021 | 12:35
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 276 Kali
Kolaborasi Dua Saintis, Terbitkan eBook Sains Islam Tumbuhan Obat di Al Quran
Pemanfaatan tumbuhan obat dapat menjadi alternatif menyehatkan masyarakat dunia, seiring dengan gerakan back to nature.

JamuDigital.Com-Media Jamu, Nomor Satu. Ditengah kondisi pandemi COVID-19 di seluruh dunia, yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya, salah satu yang dianjurkan ahli Kesehatan adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang baik, akan mampu mencegah virus COVID-19 berkembang dalam tubuh.

Salah satu cara yang dianjurkan dan dilakukan oleh masyarakat dunia dengan mengkonsumsi ramuan tumbuhan berkhasiat obat. Di India disebut Ayuverda, sedangkan di Indonesia disebut Jamu.

Di dalam Al Quran banyak disebutkan nama-nama tumbuhan yang berkhasiat untuk obat.  Setiap ayat yang disebut dalam Al Quran disebut ayat-ayat Qauliyah. Sedang ayat-ayat alam semesta dan seluruh isinya disebut Ayat Kauniyah.

Untuk menggali lebih dalam tentang nama-nama tumbuhan di dalam Al Quran, dan khasiatnya untuk Kesehatan, Karyanto- Sarjana Farmasi dari salah satu Perguruan Tinggi Terkemuka di Indonesia, dan seorang praktisi herbal  menulis e-Book berjudul: "Tumbuhan Obat dalam AlQuran, Perspektif Sains Islam Bidang Farmakognosi," yang dipblikasikan pada 19 April 2021.

Link eBook dengan ISBN (International Standard Book Number): 978-623-93053-1-4 (EPUB), dapat diakses di: Bit.ly/QuranTumbuhanObat

eBook tersebut merujuk pada buku "PLANTS OF QURAN"- yang sangat terkenal di dunia internasional,  authored by eminent Indian Scientist Dr. M. I. H. Farooqi, retired Deputy Director of National Botanical Research Institute Lucknow. It may also be noted that several Quranic Botanical Gardens, also based on Plants of Quran,  are being developed in many Islamic Countries.

Sebuah kolaborasi cendekiawan dari India dan Indonesia, dimana keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu dalam rangka menggali dan mengkaji tumbuhan yang terdapat dalam Al Quran untuk dapat digunakan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kisah Unik Dua Ilmuwan India dan Indonesia

Karyanto- yang memiliki pengalaman sebagai wartawan lebih dari 10 tahun dan berkarir di bidang farmasi lebih 20 tahun, pada 5 tahun terakhir ini (sejak Desember 2016) fokus mendukung pengembang obat herbal di Indonesia dengan mendirikan media online www.jamudigital.com

Sebagai Founder JamuDigital, Karyanto setiap hari menganalisa, mengupas dan mengabarkan perkembangan herbal di Indonesia. Pada Agustus-September 2019, Karyanto mengikuti Internship & Student Exchange Program: Binawan University (Indonesia) dengan SGT University (India) dan Janardan University (India), pada 28 Agustus 2019 hingga 8 September 2019.

Sebelum berangkat ke India, Karyanto menghubungi dr. M.I.H Farooqi, siapa tahu dapat bertemu. Karyanto dapat kontak dr. M.I.H Farooqi dari browsing di Internet. Ditengah kesibukannya mengikuti pelatihan Ayuverda dan Fisioterapi di Kampus SGT University, Gurgaon, New Delhi, Karyanto lupa menghubungi dr. M.I.H Farooqi.

Dua hari sebelum berangkat ke Janardan University (Udaipur)- terbang dengan pesawat dari bandara New Delhi sekitar 45 menit, Karyanto baru ingat belum kontak dr. M.I.H Farooqi.

Dengan sisa waktu yang terbatas, dan jarak dari kediaman dr.Farooqi ke kampus SGT University sangat jauh sekitar 600 Km, tidak memungkinkan bertemu tatap muka langsung. Maka, buku-buku karangan dr. M.I.H Farooqi antara lain berjudul Plant of The Quran yang terkenal itu karena diterjemahkan keberbagai Bahasa itu dikirim ke kampus SGT University.

"Saya menerima buku tersebut pada 4 September 2019 siang hari di Kampus SGT University. Ini berkah untuk saya. Karena saya ingin menulis Sains Islam Bidang Farmakognosi, sebab di Indonesia sangat kaya dengan tumbuhan obat. Ada 30.000 spesies tanaman di Indonesia, dan sebanyak 9.600 spesies terindikasi berkhasiat obat. Ini sangat potensial," kenang Karyanto atas kebaikan hati dr. M.I.H Farooqi.

Waktu berganti, tahun berlalu. Beberapa kali, dr.M.I.H Farooqi menghubungi saya via mengirim pesan melalui whats up menanyakan progres penulisan eBook.

"Alhamdulilah pada bulan Ramadhan tahun 2021 ini, atas support dari sahabat muslim saya dari India, saya dapat menyelesaikan e-Book ini, yang dapat diakses oleh siapa saja. Semoga pahalanya juga mengalir tiada henti kepada yang saya hormati dr. M.I.H Farooqi," ungkap Karyanto dengan perasaan hati yang terdalam.

Buku Plant of The Quran menjadi rujukan utama saya dalam menyusun daftar tumbuhan yang ada di Alquran yang saya tulis di e-Book saya, Karyanto menambahkan.

"It is a real pleasure for me that Drs. Karyanto has completed his noble work on Islamic Science Perspective in Pharmacognosy of Quranic Plants. He has very well dealt with those Plants which I have mentioned in my humble work entitled PLANTS OF THE QURAN," komentar dr. M.I.H Farooqi dalam kata pengantarnya.

Semoga e-Book ini, bermanfaat bagi masyarakat- di tengah dunia sedang bergolak dengan pandemi COVID-19. Redaksi JamuDigital.Com.

Sains Islam Tumbuhan Obat


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: