Karakter Entrepreneur Jamu: Konsisten, Kreatif dan Inovatif
Tanggal Posting : Minggu, 22 September 2019 | 07:54
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 127 Kali
Karakter Entrepreneur Jamu: Konsisten, Kreatif dan Inovatif
dr. Prapti Utami, M.Si. saat mempresentasikan topik Aspek Bisnis Jamu dalam Pelayanan Kesehatan, di KaDO Martha Tilaar pada 19 September 2019.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Karakter entrepreneur, termasuk para entrepreneur Jamu harus konsisten, kreatif dan Inovatif. Dari tiga elemen itu, kemudian dikonstruksikan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Demikian diungkapkan dr. Prapti Utami, M.Si. saat menyampaikan presentasi berjudul: Aspek Bisnis Jamu Dalam Pelayanan Kesehatan pada "Seminar dan Workshop Jamu Preneurship 2019" yang dilaksanakan oleh KaDO (Kampoeng Djamoe Organik) Martha Tilaar Group, di Cikarang Selatan, Bekasi Jawa Barat, pada Kamis, 19 September 2019.

Kegiatan ini dihadiri para dokter, farmasis, praktisi kesehatan tradisional, pengusaha Jamu dari berbagai wilayah di Indonesia sebanyak 170 orang.

Ada empat narasumber yang tampil pada acara ini, yaitu: DR. Dr. Amarullah H. Siregar, DlHom. DNMed, MSc. MA, PhD. memaparkan materi "Diagnosa Holistik di Pelayanan Kesehatan", dr. Prapti Utami, M.Si. mempresentasikan topik "Aspek Bisnis Jamu dalam Pelayanan Kesehatan," lr. Heru D Wardana. M.Hort. SC. Mengupas materi "Tanaman Obat Jadi Bahan baku Jamu," Ita Utami (Martha Tilaar Training Center) membahas materi "Penerapan Treatment & Spa dengan Jamu ."

Sedangkan agenda Workshop sebagai berikut: Pembuatan Makanan Toka, Standarisasi Simplisia menjadi Bahan baku Jamu, Treatment & Spa Berbahan Jamu, Pembuatan Ramuan Jamu & Diagnosa Holistik.

Prapti Utami menjelaskan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi Jamu, diantaranya ada konsumen yang minum Jamu saat sakit. Ada konsumen yang minum Jamu sebelum sakit. Dari dua prespektif diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Jamu itu sebenarnya baik digunakan untuk promotif preventif, urainya.

Dalam melakukan bisnis di bidang Jamu juga harus memperhatikan daya saing. Dimana daya saing Jamu tersebut dapat dijadikan keunggulan dalam melakukan produksi dan pemasaran.

Banyak varian potensi bisnisnya, yaitu: Tanaman Obat, Simplisia kering atau basah, Ekstrak tanaman obat, Kosmetik berbahan baku herbal, Pangan rempah, Fun drink herbal, Pelatihan pembuatan Jamu. Dengan sumber daya alam yang sangat besar potensinya di bidang Jamu, maka ke depan prospek entrepreneur Jamu akan meningkat seiring dengan adanya trend global untuk back to nature. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2019. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: