Kabar dari Jepang: Kandidat Doktor Riset Potensi Jamu
Tanggal Posting : Kamis, 20 Mei 2021 | 08:32
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 597 Kali
Kabar dari Jepang: Kandidat Doktor Riset Potensi Jamu
Keberadaan media, seperti JamuDigital sangat penting, karena menjembatani gap antara policy makers, praktisi herbal, akademisi-researchers dan masyarakat.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Perhatian dunia terhadap potensi Jamu Indonesia makin meluas. Salah satu indikasinya, datang dari pihak kampus di luar negeri. Tepatnya dari The University of Tokyo. Ada apa gerangan ya?

Suatu saat, masuklah email dari Jepang ke email address JamuDigital. Dari seorang mahasiswa Program Doctoral di The University of Tokyo, Graduate School of Agriculture and Life Sciences, Global agriculture studies, di Tokyo, Jepang yang ingin menggali lebih dalam tentang prospek Jamu Indonesia untuk dijadikan bahan disertasi.

Berikut cuplikan emailnya: "Saya mahasiswa S-3 yang saat ini sedang melakukan penelitian tentang pelaksanaan pengobatan tradisional di Indonesia. Jika diperbolehkan saya ingin mewawancarai Bpk. Karyanto (Founder JamuDigital), atau representasi dari JamuDigital, yang bisa saya wawancarai, terkait perspektifnya tentang perkembagan obat tradisional di era JKN.

Saat ini saya berdomisili di Jepang, jika bersedia, saya akan mewawancarai via zoom. Saya sangat berharap untuk mendapat balasan dari anda. Terimakasih. Salam, Yen Yen Sally Rahayu"

Yen Yen Sally Rahayu kini sedang menempuh Program Doctoral di The University of Tokyo, Graduate School of Agriculture and Life Sciences, Global agriculture studies, di Tokyo, Jepang.

Sally Rahayu mendapat Gelar Master dari Kagoshima University, Faculty of Agriculture, Dept. Biochemical Sciences and Technology (2014-2016). Sebelumnya sebagai Research Student di Universitas yang sama (2013-2014). Pernah kuliah di ITB, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tahun 2001-2005.

Bincang-bincang Founder JamuDigital, Karyanto dengan Yen Yen Sally Rahayu- dilakukan pada 13 Maret 2021. Link perbincangannya, silakan: Klik Disini.

Media Jamu, Nomor Satu

Selain bincang-bincang untuk bahan disertasi, Sally Rahayu juga memberikan pendapat tentang kehadiran Media Jamu Indonesia-JamuDigital. Berikut ini pendapatnya:

Apa komentar Sally Rahayu, tentang JamuDigital?

Simak yuks...!

"Jamu Digital adalah satu dari sedikit media yang dapat dijadikan referensi tentang perkembangan obat herbal di Indonesia. Jamu/obat herbal adalah aspek penting di Indonesia, bahkan dengan kemajuan teknologi kesehatan dan sistem kesehatan national saat ini, penggunaan pengobatan tradisional ini masih sangat relevan bagi masyarakat Indonesia. 

Pada saat yang bersamaan, informasi komprehensif  yang menggali tentang perkembangan Jamu/obat herbal tidak hanya dari aspek efficacy (khasiat), tapi juga inovasi dan regulasi sangat terbatas, dan Jamu Digital adalah satu diantara media yang secara konsisten memberikan informasi  yang diperlukan tersebut.

Yang membuat Jamu Digital berbeda dengan media serupa adalah komitmennya untuk ikut memajukan Jamu/obat herbal di Indonesia melalui penyediaan informasi ynag berdasarkan fakta dan menstimulasi nasional discourse untuk  perkembangan Jamu/obat herbal  di Indonesia.

Keberadaan media, seperti JamuDigital sangat penting, karena bisa menjembatani gap antara  policy makers, praktisi herbal, akademisi/researchers  dan masyarakat." Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: