Kabar dari Brunei: Berkunjung Tiga Masjid Terindah, Menjadi Ikon Wisata Religi
Tanggal Posting : Kamis, 19 Januari 2023 | 06:11
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 143 Kali
Kabar dari Brunei: Berkunjung Tiga Masjid Terindah, Menjadi Ikon Wisata Religi
Karyanto, Founder JamuDigital saat berkunjung di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei Darussalam. Salah satu masjid terindah yang menjadi kebanggaan warga Brunei.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Ada tiga masjid yang jangan sampai terlewatkan  untuk dikunjungi, jika Anda sedang berada di Brunei Darussalam. Selain, indah arsitekturnya, juga memiliki histori yang bermakna bagi warga Brunei.

Warga Brunei sangat antusias jika menceritakan masjid-masjid kebanggaan mereka. Bahkan, saya menilai pengetahuan mereka cukup detil- ketika mengisahkan sejarah masjid-masjid mereka kepada pendatang seperti saya.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Ruang Utama Masjid Omar Ali Saefuddien Brunei

Keterangan Foto: Saya bersama ustadz Al Hatak Bin Bakir (kiri)- diaspora Indonesia yang sudah lebih dari 20 tahun berada di Brunei Darussalam berada di ruang utama Masjid Omar Ali Saifuddien, Brunei. Selama di Brunei, saya dibantu ustadz Al Hatak untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah, termasuk komplek makam Sultan Brunei ke-28!

Saya sholat dzuhur berjemaah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien- masjid Nasional Kesultanan Brunei Darussalam- yang berada di kota Bandar Seri Begawan, Ibukota negara Brunei Darussalam pada Selasa dan Rabu, 10 dan 11 Januari 2013.

Pada kunjungan saya yang pertama, pada Selasa, 10 Januari 2023, usai sholat dzuhur  berjamaah,  saya sempat ketemu Pak Rozak (54 tahun)- warga Brunei yang juga sholat berjamaah dengan putranya. Kami berbincang cukup lama, sekitar 30 menit, sambil menikmati indahnya ruangan masjid Omar Ali Saifuddien.

Pak Rozak cukup detil mengisahkan beberapa masjid yang menjadi kebanggan warga Brunei. Salah satunya, adalah masjid Sultan Omar Ali Saifuddien ini.

Tampilan dan arsitektur masjid Sultan Omar Ali Saifuddien ini terbilang mewah. Kubah yang berlapis emas murni ini- tampak berkilau saat diterpa sinar matahari saat siang hari, dan juga saat malam hari disorot lampu nan indah.

Kemegahan masjid-masjid yang di dibangun di Brunei, sebagai simbol bahwa Islam adalah agama negara dan menjadi pegangan hidup masyarakat Brunei Darussalam.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien menjadi salah satu masjid yang paling terkenal di dunia, karena keindahan dan kemegahannya.

Nama Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien- yang selesai dibangun pada tahun 1958- dinamai sesuai dengan nama Sultan Brunei Darussalam ke-28, yaitu: Omar Ali Saifuddien III.

Dibangun di tepian Sungai Brunei di tengah Kampong Ayer (Kampung Air), kota Bandar Seri Begawan, masjid Sultan Omar Ali Saifuddien sangat indah dilihat dari Sungai Brunei- ketika saya menaiki kapal menyusuri Sungai Brunei yang dapat melihat keindahan masjid Sultan Omar Ali Saefuddien dan Istana Nurul Iman.

Ciri khas yang paling menonjol dari bangunan masjid yang berupa unit tunggal itu- adalah menara marmer dan bagian kubah berlapis emas murni. Hampir semua bahan bangunan masjid ini didatangkan dari luar negeri, seperti marmer dari Italia, granit dari Shanghai, lampu kristal dari Inggris, serta karpet dari Arab Saudi.

Saat saya sedang di Brunei, bertepatan dengan hajatan Sultan Hassanal Bolkiah- yang sedang menikahkan putrinya, dan akad nikahnya dilaksanakan di Masjid Omar Ali Saifuddien ini- disiarkan langsung oleh stasiun TV RTB- Royal TV Brunei.

Dikutip dari RTB disebutkan: Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam berkenan berangkat ke Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja bagi Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Anak Puteri ’Azemah Ni’matul Bolkiah dengan Yang Amat Mulia Pengiran Muda Bahar, pada Kamis, 12 Januari 2023.

2.Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah.

Keindahan Taman di Masjid Jami Bolkiah Brunei

Keternagan Foto: Saya sedang berada di Taman Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah-yang menjadi penghias di kawasan pintu gerbang saat memasuki masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah, Brunei Darussalam.

Masjid ini merupakan wakaf dari Sultan Haji Hassanal Bolkiah, dibangun sejak 1988. Kemudian diresmikan pada 1994, berlokasi di Kampung Kiarong, empat kilometer dari Bandar Seri Begawan. Berdiri megah  di atas tanah seluas 20 hektare.

Ruang utama untuk sholat ada dilantai dua, dengan menaiki tangga yang terbuat dari mamer putih berkilau. Secara ukuran, masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah lebih besar dibanding Masjid masjid Omar Ali Saifuddien.

Begitu memasuki masjid dari samping kanan pintu gerbang utama, saya dibimbing ustadz Al Hataki- Diaspora Indonesia yang sudah lebih 20 tahun tinggal di Brunei-untuk diarahkan ke areal dimana tempat mengambil air wudhu.

Ustadz Al Hatak menjelaskan bahwa air wudhunya sudah secara otomatis akan memancar, begitu kita duduk ditempat wudhu- yang dibikin melingkar, sehingga dapat digunakan secara bersamaan oleh sekitar 10 orang.   

Ruangan untuk berwudhu juga lebih besar dibanding masjid Omar Ali Saifuddien, dan juga sudah menggunakan teknologi modern, saat berwudhu begitu duduk, airnya sudah memancar keluar secara otomatis.

Kapasitas masjid ini dapat menampung sekitar 5.000 jemaah, dapat sholat di lantai utama yang berada di lantai 2 dan atau di lantai satu.

Masjid ini memiliki 29 kubah emas dan menara setinggi 58 meter, dengan arsitektur yang indah. Masjid ini juga dikelilingi oleh taman yang indah, yang membuat suasana masjid ini bertambah  indah.

Selama saya di Brunei dari 9-15 Januari 2023, saya berkunjung di Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah sebanyak dua kali, alhamdulillah.

3. Masjid Ash-Shaliheen

Ruang Utama Masjid Ash Shaliheen Brunei

Keterangan Foto: Saya sedang berada di ruang utama Masjid Ash-Shaliheen, Brunei Darussalam. 

Masjid Ash-Shaliheen ini berlokasi di sebelah Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam. Ketika kita memasuki masjid ini, tampak Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam yang cukup megah.

Model arsitektur Masjid Ash-Shaliheen berbeda dengan masjid Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien dan Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah.

Masjid Ash-Shaliheen ini mulai digunakan sejak 2012, terlihat seperti masjid-masjid di Marrakesh pada umumnya, struktur bangunan bergaya Maroko. Desain masjid ini dibuat oleh arsitek Mesir yang terkenal, Abdel-Wahed El-Wakil.

Kabar dari Brunei, 9-15 Januari 2023.

Karyanto, Founder JamuDigital & Krida Sehat Channel


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2023. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: