Herbal Osteoporosis dan Nyeri Sendi, Rekomendasi Dokter Ahli Akupuntur, Bekam dan Medis
Tanggal Posting : Jumat, 18 Februari 2022 | 08:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 377 Kali
Herbal Osteoporosis dan Nyeri Sendi, Rekomendasi Dokter Ahli Akupuntur, Bekam dan Medis
Indonesia kaya raya bahan alam, termasuk bahan untuk Obat Herbal Osteoporosis dan Nyeri Sendi. Kapsul NOSTEO dan Minyak Boreh Nokilir solusi jitu sehatkan Tulang, Otot dan Sendi.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Walaupun mengalami kondisi yang sama, yaitu masalah pada tulang, tetapi terdapat perbedaan yang jelas antara osteoporosis dan osteoarthritis.

Masalah pada Osteoporosis lebih kepada kerusakan yang terjadi akibat keropos tulang, sehingga menyebabkan patah tulang. Sedangkan, osteoarthritis lebih disebabkan karena peradangan sendi yang mengakibatkan kaku dan nyeri.

Nyeri sendi juga harus diketahui tentang etiologinya, patogenesisnya sehingga dapat dilakukan penatalaksanan yang tepat, dan juga pemberian obat herbalnya.

Hal ini mengemuka pada "Kursus Online Bekam & Medis" yang dipandu oleh Trainer Internasional Bekam &  Medis, dr. Ine Martanti, pada Kamis, 17 Februari 2022 dengan topik "Bekam dan Nyeri Sendi."

Dr. Ine mengawali paparannya dengan menjelaskan Etiologi (Penyebab), yaitu: Faktor genetik, Faktor lingkungan, Faktor keseimbangan hormoral (masih dalam penyelidikan), Agen infeksi (bakteri, mikoplasma, virus), Heat Shock Protein (HSP) adalah protein yang dibentuk oleh sel sebagai respon terhadap stress.

Sedangkan tentang pathogenesis, dr. Ine menyebutkan penelitian mutakhir diketahui bahwa Rheumatoid Arthritis terjadi akibat rantai peristiwa imunologi. Antigen dan antibodi berikatan membentuk kompleks Imun, maka akan terjadi Fagositosis kompleks imun oleh sel radang yang akan disertai pembentukan dan pembebasan radikal oksigen bebas (leukotrien, prostaglandin dan protease neutral), yang akan menyebabkan erosi rawan sendi dan tulang

"Radikal oksigen bebas akan menyebabkan penurunan viskositas cairan sendi, merusak kolagen dan rawan sendi," kata dr. Ine kepada lebih dari 100mpeserta kursus dari Indonesia, Malaysia dan Brunei ini lebih lanjut.

Rheumatroid Arthritis. Manifestasinya adalah Gejala inflamasi akibat aktivitas sinovitis yang bersifat reversible, dan Gejala akibat kerusakan struktur persendian yang bersifat irreversible

Gejala Klinis yang berhuungan: Aktivitas sinovitis: Kaku pada pagi hari ( > 1 jam ) disebabkan lamanya imobilisasi pada saat tidur, yaitu: Peradangan/inflamasi sinovitis: Kurangnya pergerakan sendi, otot yang berdekatan mengalami pemendekan dan spasme.

Sinovitis akan menyebabkan kerusakan rawan sendi dan erosi tulang periartikular sehingga menyebabkan terbentuknya permukaan sendi, yang tidak rata, jika ini luas dan imobilisasi berlangsung lama, maka akan menghancurkan struktur persendian dan ligamentum/ jaringan ikat menjadi lemah

Penatalaksanaan Rheumatoid Arthritis: Pemberian obat anti radang 2. Pemberian obat pereda rasa nyeri 3. Rehabilitasi : Mengurangi rasa nyeri, Mencegah terjadinya kekakuan dan keterbatasan gerak sendi, Mencegah terjadinya atrofi dan kelemahan otot.

Mencegah terjadinya deformitas } Meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan diri } Melatih kemandirian agar tidak bergantung kepada orang lain } Mengistirahatkan sendi yang terlibat } Terapi fisis dengan pemanasan

Osteo Arthritis: Yaitu suatu penyakit kerusakan tulang rawan sendi yang berkembang lambat yang tidak diketahui penyebabnya, meskipun terdapat beberapa faktor resiko ( usia lanjut , sendi yang banyak beban, kegemukan, faktor genetik, jenis kelamin, hormonal, cedera sendi, pekerjaan, olahragawan, kelainan kongenital

Gejala Klinis: Nyeri + tanda peradangan (hangat, merah), Deformitas (perubahan bentuk sendi),  Pembekakan sendi: Hambatan gerak, Kaku pagi hari, Krepitasi (bunyi gemeretak pada sendi), dan Pembesaran sendi.

"Saya mendukung pemanfaatan obat herbal untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Termasuk produk obat herbal NOSTEO dan NOKILIR untuk kesehatan tulang dan sendi," dr. Ine menjawab pertanyaan peserta kursus tentang penggunaan herbal terapi nyeri sendi.

NOSTEO NOKILIR Sehatkan Tulang, Otot dan Sendi

Formula NOSTEO dan NOKILIR Jitu Atasi Osteoporosis dan Nyeri Sendi

Di seluruh dunia, setiap 1 detik terjadi 1 fraktur akibat osteoporosis. Tahun 2009, terdapat 200 juta penderita osteoporosis di seluruh dunia (Infodatin Kementerian Kesehatan RI.)

Untuk itu, perlu upaya-upaya pencegahan yang alami, sehingga kita semua terhindar dari kerapuhan tulang (osteoporosis), dan tulang, otot dan sendi kita sehat untuk menopang aktifitas kita sehari-hari. Demikian dijelaskan oleh Karyanto, Direktur Global Jamu Indonesia yang memproduksi obat herbal Kapsul NOSTEO dan Minyak Boreh NOKILIR.

NOSTEO  100 % Terbuat dari BAHAN ALAMI dan BERSERTIFIKAT.  FAKTA NOSTEO sebagai obat herbal berkualitas:

  • Nomor Ijin Edar (NIE) Badan POM RI.: POM TR 213 363 561
  • Sertifikat Halal MUI: ID00210000036991219
  • Merk Terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI.: DID2021071393

5 SINERGI BAHAN ALAMI, KEUNGGULAN Formula NOSTEO: Ekstrak Stichopus variegatus (Gamat), Ekstrak Phoenix dactylifera fructus (Kurma), Ekstrak Sida rhombifolia herba (Sidaguri), Ekstrak Morinda citrifolia fructus (Mengkudu), Ekstrak Andrographis paniculata herba (Sambiloto).

Formulasi Kapsul NOSTEO terdiri dari Lima Sinergi bahan alami, yaitu: Ekstrak Stichopus variegatus (Gamat), Ekstrak Phoenix dactylifera fructus (Kurma), Ekstrak Sida rhombifolia herba (Sidaguri), Ekstrak Morinda citrifolia fructus (Mengkudu), Ekstrak Andrographis paniculata herba (Sambiloto).

Kelima bahan tersebut bersinergi untuk dapat memberikan khasiat membantu menyehatkan tulang, otot dan sendi.

"Bahkan juga dapat memberikan khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga sangat tepat dikonsumsi oleh masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Ini sebuah inovasi sesuai dengan era new normal," ungkap Karyanto, Direkur PT. Global Jamu Indonesia saat diberikan kesempatan sharing produk herbal untuk membantu Osteoporosis dan Nyeri Sendi.

NOSTEO dan NOKILIR diriset dan diformuasikan oleh Dua Ahli Farmasi Indonesia yaitu: apt. Nurul Qurrota Ayun,. S. Farm., M.Si (Alumni Magister Herbal Universitas Indonesia) dan Karyanto, Sarjana Farmasi (Alumni Universitas Gadjah Mada).

Perpaduan formula NOSTEO selain dapat membantu untuk menyehatkan tulang, otot dan sendi, juga dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh karena salah satu bahan alami/ herbal didalamnya  tersebut  mengandung ekstrak Andrographis paniculate (Sambiloto).

Sambiloto  merupakan salah satu tanaman obat yang menjadi prioritas utama untuk dikembangkan di Indonesia dan dinyatakan sebagai bahan obat fitofarmaka yang aman. Sambiloto mengandung diterpen lakton yang banyak kegunaannya bagi kesehatan.

Selain komponen utama terdapat juga senyawa lain, yaitu: saponin, flavonoid, alkaloid dan tanin. Secara klinis andrographolide terbukti aktivitasnya dapat berpengaruh pada hepatoprotective, cardiovascular, hypoglycemic, antibakteri, immunostimulan, antipiretik, anti-inflammatory, antivenom, antihepatotoxic, Karyanto menjelaskan.

"Sehingga NOSTEO ini memiliki formula yang kekinian, sebab selain dapat menyehatkan tulang, otot dan sendi, NOSTEO juga sekaligus dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang kreatif di tengah pandemi COVID-19," terang Kayanto menambahkan.

Kapsul NOSTEO mengandung Ekstrak Stichopus variegatus atau dikenal dengan nama GAMAT atau Teripang. Biota laut ini dapat menyehatkan tulang, mencegah dan mengobati osteoporosis.

Gamat mengandung kalsium, magnesium, fosfor, protein, dan zat besi yang sangat baik untuk membentuk struktur tulang yang kuat dan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit osteoporosis (kerapuhan tulang).

Teripang juga dapat meningkatkan kesehatan pada tulang seperti, mencegah osteoporosis, membantu penyembuhan pada  patah tulang, dan juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi.

SUMBER ENERGI BERAKTIFITAS. Keunggulan lain NOSTEO adalah mengandung ekstrak buah Kurma dimana banyak mengandung potassium yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah setelah melakukan aktifitas.

Buah Kurma juga sebagai sumber energi instan karena terdapat gula selain itu buah kurma juga memiliki Kandungan lain seperti  mineral-mineral yang terdapat pada Buah Kurma diantaranya adalah mengandung: Kalsium, Fosfor, Kalium, Belerang, Khlor, Magnesium, Besi, Mangan, Tembaga, Kobalt, Zink, Khrom, dan Yodium, sehingga sangat baik untuk kesehatan pada tulang.

PEREDA NYERI, ANTI RADANG, MENYEHATKAN SENDI. Buah Mengkudu juga dijadikan sebagai salah satu formula NOSTEO karena buah mengkudu mempunyai manfaat dan kandungan yang kaya akan antioksidan, dan juga mengandung senyawa seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat lainnya yang dapat bersifat sebagai analgesik, antiradang, antibakteri, dan mengatasi rasa nyeri yang disebakan oleh arthritis, serta mengurangi kerusakan sendi akibat penyakit tersebut.  

MEMBANTU KELUHAN ASAM URAT. Sidaguri (Sida rhombifolia L.) merupakan tanaman obat tradisional atau herbal dengan potensi sebagai obat asam urat. Kandungan senyawa flavonoid yang terkandung pada ekstrak Sidaguri terbukti dapat bekerja menghambat Xanthine Oxsidase hingga 55% dan dapat digunakan untuk menurunkan asam urat didalam tubuh.

Nosteo Diproduksi Sesuai Good Manufacturing Practice

Kapsul NOSTEO diproduksi sesuai dengan aturan dan standar yang telah ditetapkan oleh Badan POM yaitu "Cara Produksi Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) " dan dalam dunia farmasi dikenal sebagai  sebutan GMP (Good Manufacturing Practice).

CPOTB adalah seluruh aspek kegiatan pembuatan obat tradisional yang bertujuan untuk menjamin agar suatu produk yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

DASAR HUKUM. SK Badan POM RI No. HK 00.05.4.1380 tentang Pedoman Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Produsen Obat Tradisional dalam seluruh aspek dan rangkaian kegiatan wajib berpedoman pada (CPOTB) wajib menerapkan sejak 1 Januari 2010.

MANFAAT CPOTB BAGI KONSUMEN. Mutu produk lebih terjamin melalui penerapan CPOTB pada proses produksinya. Bahaya yang dapat ditimbulkan produk karena kontaminasi dapat diperkecil kemungkinannya.

  • Cara Pemakaian NOSTEO: Diminum 3 x sehari 2 kapsul untuk pengobatan, atau 2 x sehari 2 kapsul untuk pencegahan (1 jam setelah makan).
  • Cara Penyimpanan NOSTEO: Simpan di tempat yang kering, pada suhu di bawah 30⁰C dan terhindar dari sinar matahari langsung.

"Minum NOSTEO, agar aktivitas pada era new normal semakin optimal," demikain Karyanto menjelaskan. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: