Hadapi Pandemi, Lakukan Inovasi Produk dan Ekspansi Pasar
Tanggal Posting : Jumat, 28 Mei 2021 | 08:28
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 611 Kali
Hadapi Pandemi, Lakukan Inovasi Produk dan Ekspansi Pasar
Strategi menghadapi pandemi dengan melakukan serangkaian inovasi produk dan ekspansi pasar.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Memperingati Hari Jamu Nasional 2021- "Memanfaatkan Peran Jamu untuk Memelihara Kesehatan Masyarakat", Media Jamu Indonesia-JamuDigital mewawancarai sejumlah tokoh Jamu Nasional untuk membahas berbagai peluang dan tantangan Jamu Indonesia.

Berikut ini penuturan Kusuma Ida Anjani, Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT. Mustika Ratu, Tbk. terkait kegiatan bisnis selama pandemi dan strateginya menembus persaingan pasar global.

Inovasi Produk, Ekspansi Pemasaran

Mustika Ratu banyak dikenal sebagai Perusahaan Kosmetik, namun sesungguhnya merupakan Perusahaan Beauty, Health and Wellness dengan ekosistem lengkap dari penyiapan produk kecantikan dan kesehatan baik dari luar dan dalam, serta service SPA berbasis Indonesian Royal Heritage dan bahan alam.

Dr. Hj. BRA Mooryati Soedibyo, Founder Mustika Ratu mulai merintis bisnis awalnya dengan produk Jamu. Sejak awal pandemi, terlihat ada perilaku perubahan konsumen, dimana masyarakat cenderung lebih peduli terhadap kesehatan. Penjualan produk Jamu dan produk-produk yang menopang gaya hidup sehat cenderung meningkat.

Sebagai salah satu strategi sejak pandemi COVID-19, kami juga mengeluarkan produk-produk baru yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Dari segmen bisnis kesehatan, kami mengembangkan produk handsanitizer dengan campuran bahan-bahan alami yang dapat memberikan perawatan kesehatan kulit.

Dari segmen Herbal, Kami mengeluarkan dua brand baru dengan beberapa produk di dalamnya, yaitu JEJAMU dan HERBAMUNO+. Jejamu merupakan bentuk baru dari Wedang Cafe yang sebelumnya kami buat, sekarang hadir dalam bentuk Pop-Up Jamu Bar dengan berbagai varian Jamu Fresh yang memiliki rasa tidak pahit dan format design kekinian.

Mustika Ratu

Beberapa dari varian andalan kami adalah: Coco Pandan latte, Golden Tumeric Latte, Temulawak Latter, Kunyit Asem dan Jahe Merah Sereh. Produk hadir di grabfood dan gofood sehingga dapat langsung dinikmati di rumah selama masa PSBB. Sampai dengan sekarang masih banyak konsumen yang melakukan stay at home, namun tetap ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Untuk meningkatkan penyebaran produk ini, kami telah menyiapkan berbagai strategi seperti ekspansi toko, berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti hotel bintang lima, maskapai penerbangan nasional, retail shop serta dengan melakukan kampanye JAMUVEMENT bersama dengan Yayasan Putri Indonesia.

Kami memiliki misi untuk memperkenalkan dan melestarikan Jamu ke generasi muda di Indonesia dan luar negeri. HERBAMUNO+ merupakan Jamu Kaplet untuk menjaga Imun Tubuh yang dibuat dari perpaduan 5 bahan alam Indonesia yang bahkan sudah tercatat di dalam buku yang di tulis oleh Ibu Mooryati Soedibyo 20 tahun yang lalu.

Selain menjaga Imunitas, produk ini memiliki fungsi membantu meredakan gejala gejala seperti masuk angin, meriang, batuk, pusing dan perut kembung.

Saat ini, kami kami tengah mendapatkan pendampingan BPOM dan tengah bekerja sama dengan Universitas Indonesia untuk mempersiapkan Uji Klinis produk Herbamuno+. Kami hadirkan produk ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam menjaga kesehatan khususnya selama pandemi. Selain dari sisi Produk, kami juga melakukan penigkatan dalam aktivitas digital marketing dan penjualan online.

Tentu mayoritas dari bisnis offline banyak terkena dampak dari Pandemi dan untuk beradaptasi kami memperkuat penetrasi di platform digital. Produk- produk kesehatan dan Jamu kami tidak hanya dapat ditemukan di toko retail tetap kami juga hadir di berbagai macam platform e-commerce dan juga platform kesehatan seperti Halodoc.

Mustika Ratu Award

Strategi Hadapi Pandemi

Langkah-langkah apa untuk menghadapi situasi pandemi ini Langakah yang kami lakukan agar dapat bertransformasi secara cepat dan tepat yaitu dengan cepat beradaptasi dan melakukan tindakan. Kami tertantang untuk cepat beradaptasi dalam kondisi pandemi saat ini dengan mengambil langkah dengan meluncurkan produk-produk kesehatan, hygiene dan jamu dengan fungsi menjaga Imunitas/daya tahan tubuh.

Selain itu kami, Mustika Ratu melakukan telesales, business to business approach, membuat platform reseller online, E- Commerce, melakukan strategi marketing yang kreatif dan tentunya konsisten melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada masyarakat.

Terobosan disaat pandemi harus tetap dilakukan dengan melihat peluang yang ada melalui kerja keras dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dan teknologi yang dapat bekerja dengan cepat dan tepat.

Harapan Pada Hari Jamu Nasional

Apresiasi terhadap komitmen GP. Jamu yang terus berkolaborasi dengan pemerintah dan para pelaku usaha jamu dalam melakukan gerakan-gerakan yang dapat meningkatkan eksistensi Jamu khususnya dengan mengadakan dan menggaungkan Hari Jamu Nasional. Jamu Mmrupakan Asset Warisan Budaya yang diturunkan oleh Nenek Moyang kita yang harus dilestarikan di dalam negeri dan diperkenalkan ke manca negara.

Tidak semua bangsa memiliki produk hasil budaya seperti Jamu yang dimiliki oleh Indonesia dan ini patut kita hargai. Dengan adanya Hari Jamu Nasional, harapan saya sangat besar agar generasi penerus bangsa Indonesia bisa tumbuh dengan budaya meminum Jamu, semakin menghargai Budaya Indonesia, semakin sadar akan manfaat kesehatan luar biasa dari Jamu dan kemudian tumbuh rasa bangga akan Jamu.

Dengan demikian saya yakin di masa depan tidak akan ada lagi pandangan Jamu sebagai minuman Kuno di mata generasi muda melainkan sebagai asset yang harus kita optimalkan seiiring dengan perkembangan kemajuan teknologi dan sains. Juga semoga Saintifikasi serta inovasi Jamu di Indonesia semakin berkembang pesat dan ekspor produk-produk Jamu semakin meningkat.

Mustika Rata Inovasi

Update Eksistensi Mustika Ratu di Pasar Global

 Export Mustika Ratu tahun 2020 memberikan kinerja yang cukup baik dengan estimasi bertumbuh lebih dari 30% dibandingkan tahun 2019. PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT) sudah mengexport ke lebih dari 20 Negara dimana diantaranya terdapat Jerman, Rusia, Canada, Amerika Serikat, Malaysia, Hong Kong dan Saudi Arabia. Secara keseluruhan Mustika Ratu sudah memasuki pasar Middle East, Europe, Russia, South East Asia, Asia dan Africa.

Kategori produk yang di ekspor adalah Personal Care, Cosmetic Decorative dan Jamu (Herbal Drink). Penjualan produk keluar negeri menggunakan Brand-Brand dibawah Mustika Ratu seperti Beauty Queen by Mustika Ratu, Mustika Ratu Jamu Tea Series dan Mustika Ratu Personal Care.

Namun untuk beberapa tujuan ekspor kami menghadirkan produk exclusive yang hanya di distribusi ke negara Tujuan dengan menggunakan packaging dan format yang menyesuaikan kepada kebutuhan masyarakat di negara Tujuan tersebut.

Peningkatan kinerja tahun 2020 turut didukung oleh peningkatan penjualan personal care dan produk jamu di Middle East dan South East Asia. Dalam memperkenalkan produk kami ke pasar global, kami mengutamakan unique selling point, yaitu: efektifitas, Royal Heritage Experience, Natural Ingredients, jaminan halal dan kualitas yang dibuktikan dengan produksi dari pabrik dengan standar manufaktur internasional ISO 9001, ISO 4001, GMP. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: