Dexa Medica Menambah Donasi Obat COVID-19, Telah Disalurkan ke 250 Rumah Sakit
Tanggal Posting : Jumat, 17 April 2020 | 09:55
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 445 Kali
Dexa Medica Menambah Donasi Obat COVID-19, Telah Disalurkan ke 250 Rumah Sakit
Tarcisius T. Randy, Director Sales PT. Dexa Medica menyerahkan bantuan obat untuk COVID-19 kepada Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut, Laksamana Pertama, Syamsul Hadi. Foto: Dok.Dexa Medica.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Seiring terus bertambahnya pasien yang terinfeksi virus COVID-19 di Indonesia, ketersediaan obat untuk COVID-19 dan kecepatannya sampai di rumah sakit-rumah sakit rujukan menjadi critical point dan sangat ditunggu oleh para tenaga medis dan pasien.

"Kecepatan Dexa Medica mendistribusikan bantuan obat-obatan untuk pasien COVID-19 layak diapresiasi. Ketepatan waktu dalam pengobatan pasien COVID-19 merupakan  hal yang penting dalam proses penyembuhannya."

Hingga hari Jum’at, 17 April 2020, Dexa Medica telah menyalurkan donasi obat-obatan untuk pasien COVID-19 ke 250 Rumah Sakit Rujukan, RS Pemerintah, dan RS Swasta di beberapa kota di Indonesia. Dexa Medica telah menambah jumlah donasi obat untuk pasien COVID-19 sebanyak dua kali lipat.

Untuk mendapat up date, bagaimana produksi obat untuk pasien COVID-19 dan bagaimana donasi tersebut didistribusikan, Redaksi JamuDigital.Com menghubungi  Direktur PT. Dexa Medica, V. Hery Sutanto, dan Director Sales PT. Dexa Medica, Tarcisius Tanto Randy pada Jum’at pagi, 17 April 2020.

"Hingga hari ini, Jum’at, 17 April 2020, donasi obat-obatan untuk pasien COVID-19 dari Dexa Medica sudah kami salurkan kepada 250 rumah sakit," urai Tarcisius .T. Randy melalui sambungan telepon.

Berita Terkait: Dexa Medica Produksi Obat COVID-19, Tepat Guna dan Tepat Waktu

Berita Terkait: Dexa Medica Donasi Obat COVID-19 dan Alkes Senilai Rp.5,1 M

Kecepatan Mendistribusikan Donasi Obat Pasien COVID-19

Hery Sutanto Dexa Medica

Keterangan Foto: Direktur PT. Dexa Medica, V. Hery Sutanto saat menjelaskan bahwa Dexa Medica memberikan donasi Obat COVID-19 dan Alkes di Kantor BNPB, Jakarta pada Selasa, 7 April 2020. Foto: Dok.Dexa Medica.

Sedangkan V. Hery Sutanto- yang dihubungi terpisah menambahkan bahwa donasi obat-obatan untuk pasien COVID-19 dari Dexa Medica ditambah dua kali lipat, seiring dengan makin banyaknya permintaan dari berbagai rumah sakit, dan juga  adanya kedatangan bahan baku tambahan untuk memproduksi obat-obatan yang sangat dinantikan oleh para pasien COVID-19.

Kecepatan pendistribusian donasi obat untuk COVID-19- yang dilakukan Tim Dexa Medica ini didukung oleh Tim AAM (PT. Anugrah Argon Medica)- distributor farmasi nasional- kelompok bisnis Dexa Group- yang memiliki kekuatan jaringan di seluruh Indonesia. Sehingga kecepatan pendistribusikan bantuan obat-obatan untuk pasien COVID-19 ini diapresiasi banyak pihak.

"Tim Dexa bersama Tim AAM di seluruh Indonesia saling bekerjasama agar bantuan obat-obatan untuk pasien COVID-19 ini dapat sampai ke rumah-rumah sakit dan langsung digunakan oleh tenaga medis untuk pasien COVID-19," ujar Tarcius T. Randy sambil mengisahkan bahwa Timnya menyerahkan langsung bantuan obat-obatan untuk COVID-19 kepada Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut, Laksamana Pertama, Syamsul Hadi, dan Kepala Puskesad (Pusat Kesehatan Angkatan Darat), Mayor Jenderal, Tugas Ratmono.

Dexa Tarcisius

Keterangan Foto: Tarcisius Randy bersama Kepala Puskesad (Pusat Kesehatan Angkatan Darat), Mayor Jenderal, Tugas Ratmono saat menyerahkan donasi obat pasien COVID-19. Foto: Dok. Dexa Medica.

Hery Sutanto memaparkan, awalnya Dexa Medica memberikan donasi obat pasien COVID-19, sebanyak 100.000 tablet Hydroxychloroquin 200 mg untuk mengobati 5.000 pasien. Kemudian jumlah obat yang didonasikan ditambah menjadi 200.000 tablet untuk 10.000 pasien COVID-19.

Demikian pula Obat Chloroquin 250 mg, yang semula didonasikan sebanyak 240.000 tablet untuk 12.000 pasien, ditambah menjadi 500.000 tablet untuk 25.000 pasien COVID-19. "Kami berharap donasi ini dapat membantu 35.000 pasien COVID-19 di seluruh Indonesia," kata  V. Hery Sutanto.

Jumlah pasien yang dapat diobati dengan obat-obatan sumbangan dari Dexa Medica ini, dapat saja lebih banyak dari jumlah pasien yang diperkirakan, mengingat tidak semua pasien dalam kondisi yang berat. "Sehingga donasi obat-obatan dari Dexa Medica dapat dimanfaatkan lebih banyak lagi pasien COVID-19," Hery Sutanto menambahkan.

"Perlu diketahui semua obat-obatan ini adalah obat keras. Obat ini bukan untuk pencegahan, dan bukan untuk self medication. Penggunaannya harus mengikuti rekomendasi dan resep dokter. Untuk itu, Dexa Medica hanya menyalurkan dua jenis obat tersebut untuk donasi ke rumah sakit saja," Hery Sutanto menambahkan.

Dalam protokol dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia atau (PPDI), tentang  Tata Laksana Penanganan Pasien COVID-19, ada tiga jenis obat yang telah didonasikan Dexa Medica, yaitu: Hydroxychloroquin, Azythromycin, dan Chloroquin. Khusus untuk Azyhtromycin, Dexa Medica hanya menyalurkan donasinya ke rumah sakit pemerintah, karena sebagian besar rumah sakit swasta sudah memiliki stok yang cukup untuk jenis obat ini.

Dexa dan RS Maluku

Untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika, Papua menghubungi kantor pusat Dexa Medica untuk memperoleh donasi obat-obatan. Kebetulan, ada seorang dokter RSUD Mimika yang sedang di Jakarta, sehingga bantuan diserahterimakan melalui dokter tersebut. Tampak pada gambar diatas.

Juru Bicara Rumah Sakit Persahabatan, Erlina Burhan mengatakan RS Persahabatan yang paling banyak menangani pasien COVID-19 telah menggunakan Azithromycin dan Chloroquin. "Kami senang Dexa Medica telah mendonasikan obat untuk rumah sakit yang merawat pasien COVID-19," katanya.

Selain obat-obatan, Dexa Medica juga memberikan donasi alat pelindung diri-APD, suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tenaga medis. "Semoga Indonesia segera pulih dan bangkit kembali. Dan COVID-19 segera berakhir," Hery Sutanto mengungkapkan harapannya. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: