Cegah COVID-19, Sabun Lebih Efektif daripada Hand Sanitizer
Tanggal Posting : Rabu, 25 Maret 2020 | 07:09
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 468 Kali
Cegah COVID-19, Sabun Lebih Efektif daripada Hand Sanitizer
Mencuci tangan dengan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer agar terhindar dari COVID-19.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Virus Corona (COVID-19) menyebar ketika lendir atau tetesan yang mengandung virus masuk ke tubuh. Baik melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Umumnya, penyebaran Virus Corona dari satu orang ke orang lain terjadi melalui tangan.

Selama wabah Virus Corona masih terus menyebar, salah satu cara termurah dan termudah untuk mencegah penyebarannya adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan air dan sabun. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman, bakteri, dan Virus Corona.

Berita Terkait: Cegah Virus Corona dengan Social Distancing

Berita Terkait:  Kreatif Social Distancing Versi Jamu Digital


Tapi sering kali kita tidak tahu apa yang sebenarnya lebih efektif untuk membunuh Virus Corona. Apakah cuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer? Berikut ini penjelasan Sabun Lebih Efektif Membunuh Virus daripada Hand Sanitizer dari Badan POM:

"Cucilah Tangan dengan Air dan Sabun"

Penggunaan Hand Sanitizer

  • Setelah digunakan 5 kali berturut-turut tangan harus dicuci menggunakan air mengalir untuk mencegah resistensi antiseptic.
  • Residu kuman yang sudah mati masih menempel di tangan.
  • Pada beberapa orang dapat mengiritasi kulit.
  • Sifat alcohol yang mudah menguap, jika ditempatkan di luar ruangan/tempat dengan suhu tinggi dapat mengubah konsentrasi alcohol 70% (konsentrasi dapat bertambah atau berkurang).
  • Hanya efektif membersihkan tangan yang tidak tampak kotor.


Penggunaan Sabun dan Air

  • Dapat digunakan berulang kali
  • Residu kuman yang sudah mati ikut terbawa air mengalir.
  • Ramah digunakan untuk semua orang.
  • Kandungan antiseptic sabun tidak berubah di segala kondisi.
  • Efektif membersihkan tangan yang tidak tampak kotor maupun kotor.


Kapan Hand Sanitizer Efektif Digunakan: Jauh dari tempat cuci tangan, Kesulitan mencari air bersih dan Berpergian. Gunakan sabun yang telah memiliki Nomor Izin Edar Badan POM. Diawali dengan kode 2 huruf dan 11 digit angka. Contoh: NX 12345678901.

Huruf 1: N (Notifikasi). Huruf 2: Kode benua (Asia, Australia, Eropa, Afrika, Amerika). Jangan lupa selalu cek tanggal Kedaluwarsa. (Sumber Berita: Infografis Badan POM, Mengapa Sabun Lebih Efektif Membunuh Virus dari pada Hand Sanitizer). Redaksi JamuDigital.Com.

 


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: