Catatan Akhir Tahun: Paparan ASPETRI Pada Dialog dengan Kementerian PPN-Bappenas
Tanggal Posting : Jumat, 30 Desember 2022 | 20:07
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 141 Kali
Catatan Akhir Tahun: Paparan ASPETRI Pada Dialog dengan Kementerian PPN-Bappenas
Aspetri sebagai asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia berdedikasi dan menyatukan Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Ketua Umum ASPETRI (Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia), Al Anhar Gumay, ASp, CHt pada 13 Desember 2022 lalu, diundang Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bapennas bersama sejumlah organisasi profesi kesehatan tradisional lain untuk memaparkan berbagai hal terkait dengan pengobatan tradisional.

Mungkin ini, akan menjadi catatan akhir tahun yang penting terkait dengan upaya pengembangan pengobatan tradisional Indonesia di masa mendatang.

Anhar Gumay memaparkan point-point penting, berikut ini- yang disampaikan kepada Redaksi JamuDigital.Com:

Praktik Penyehat Tradisional dalam Pelayanan Kesehatan Tradisional, point-point pembahasan: Bagaimana peran OP untuk mendukung perkembangan pelayanan kesehatan tradisional?

Bagaimana pelaksanaan praktik Hattra saat ini? Program dan dukungan apa saja yang telah dilaksanakan untuk mendukung Hattra?

Bagaimana kendala dalam praktik yang dilakukan oleh Hattra? Bagaimana potensi yang dapat dilakukan oleh Hattra untuk mendukung upaya penguatan layanan kesehatan tradisional?

Bagaimana regulasi dan kebijakan saat ini yang mengatur Hattra dalam melaksanakan praktik pelayanan kesehatan tradisional?

Praktik Penyehat Tradisional dalam Pelayanan Kesehatan Tradisional Poin-poin pembahasan Bagaimana peran OP untuk mendukung perkembangan pelayanan kesehatan tradisional?

Pelanyanan kestrad sangat dibutuhkan dimasyarakat sehingga peran Orpro sangat perlu untuk mendukung kelancaran kegiatan kestrad. Seperti mengadakan pembekalan bagi anggota baru, Uji Kompetensi Battra level IV KKNI.

Dengan adanya pembekalan dan uji kompetensi maka diterbitkan surat rekomendasi, sehingga sesuai SOP Battra ramuan.

Melakukan seminar dan workshop tentang Jamu, Herbal dan kerjasama seminar lainnya. Dipermudah untuk penerbitan STPT bagi anggota yang sudh mengikuti pembekalan, uji kompetensi Battra level 4 KKNI.

Dengan mendukung program pemerintah, baksos, seminar, workshop dan lain-lain.

Regulasi yang diterbitkan agar dapat segera disampaikan ke tingkat daerah, agar sosialisasi regulasi tidak hanya terpusat di kota-kota besar.

Pada 6-9 Desember 2022 di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta tentang Rakor Kestrad Integrasi di Fasyankes, Faktanya:

Difasyankes Haattra Empiris masih berperan sebagai pendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan integrasi (seperti Puskesmas Kasihan 2 Bantul dan Prambanan 1 sebagai Puskesmas terpilih dan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta).

Integrasi Faskes Puskesmas dalam pengembangan Wellness Tourism (Tgl 12-15 Desember 2022 di Hotel Sari Pasifik Jakarta) oleh Kemenkes dan steakholders, diupayakan semaksimal mungkin Kestrad empiris ramuan Aspetri dilibatkan dalam pelaksanaannya.

"Saya juga sudah menyampaikan ke forum ini tentang keberadaan dan peran Aspetri. Semoga dapat mendapatkan perioritas lebih dan masuk dalam kerangka kerja prioritas Bapenas tahun 2023," jelas Anhar Gumay.

Anhar menambahkan tentang Visi-Misi Aspetri: Menjadikan Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia yang Handal, Berdedikasi dan Menyatukan Semua Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia dari Semua Suku, Golongan dan Agama.

Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat, Menyehatkan Bangsa, Melestarikan Sumber Daya Alam Dan Budaya Tradisional Indonesia.

Selaras dengan Tujuan Aspetri:

Menghimpun Seluruh Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia Di Negara Kesatuan Republik Indonesia Dalam Sebuah Wadah Asosiasi, Mendukung, Melindungi Dan Meningkatkan Kompetensi Profesinya.

Membantu Para Pengobat Tradisional Untuk Memahami Peraturan Perijinan Pengobatan Tradisional Ramuan Dan Memberikan Petunjuk Tentang Bagaimana Memenuhi Peraturan Perijinan Pengobatan Tradisional Ramuan Dan Peraturan Perundang-Undangan Lainnya.

Menjadikan Pengobatan Tradisionl Ramuan Indonesia Sebagai Tuan Rumah di Negeri Sendiri. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2023. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: