Cara Mudah Melindungi Kesehatan Mata
Tanggal Posting : Minggu, 14 Maret 2021 | 06:26
Liputan : Galuh Tsabita Pertiwi - Dibaca : 710 Kali
Cara Mudah Melindungi Kesehatan Mata
Sebanyak 6 dari 10 wanita mengalami mata kering selama dan setelah menopause, perhatian ini ya Mom.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Jika akhir-akhir ini Anda sering menyipitkan mata. Atau harus menjauhkan koran Anda enam inci dari mata Anda untuk membacanya. Maka, masalah penglihatan mulai menurun pada Anda seiring bertambahnya usia.

Tetapi kebiasaan baik dapat melindungi kesehatan mata Anda. Cobalah tip sederhana ini, untuk menjaga mata Anda sekarang dan untuk tahun-tahun mendatang.

Sinar UV Matahari. Anda perlu ’menangkis’ sinar ultraviolet matahari. Karena sinar UV dapat menyebabkan penyakit mata, peningkatan rabun jauh, dan kanker kulit di sekitar mata, kata Alice Lyon, MD, direktur layanan Vitreoretinal di Sekolah Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern dan dokter mata di Rumah Sakit Memorial Northwestern.

Kenakan kacamata hitam, kapan pun Anda berada di luar ruangan atau mengemudi (simpan sepasang kacamata cadangan di mobil Anda). Meskipun saat mendung  sinar UV juga dapat membahayakan.

Ubah ruang kerja Anda. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dapat menyebabkan mata lelah, sakit, dan kering  dan mungkin sakit kepala karena kelelahan mata, demikian menurut American Optometric Association.

Hindari masalah ini dengan menempatkan monitor sejauh mungkin dari mata Anda, tetapi tidak terlalu jauh sehingga Anda harus menyipitkan mata. Selain itu, pandangan jauh dari layar secara berkala untuk mengistirahatkan mata Anda dan mengubah fokus, dan coba lampu tegangan rendah sebagai pengganti lampu overhead yang terang. Filter layar antiglare (tersedia di sebagian besar toko peralatan kantor) juga dapat membantu.

LASIK. Penglihatan Anda stabil pada awal usia 30-an, menjadikannya waktu yang ideal untuk perbaikan bedah lasik, kata Clyde Kitchen, MD, seorang dokter mata di California dan penulis Fakta dan Fiksi Penglihatan Sehat: Perawatan Mata untuk Orang Dewasa dan Anak-anak. Seorang dokter mata harus memastikan bahwa Anda adalah kandidat yang baik.

LASIK memang menimbulkan beberapa risiko: mata kering, terutama selama enam bulan pertama setelah prosedur, dan kadang-kadang menimbulkan efek selama senja dan malam hari. Dan perhatikan bahwa dengan operasi, Anda mungkin memerlukan kacamata baca di usia 40-an.

Usia 40-Tahunan

Olahraga hingga berkeringat. Berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan yang sehat membantu mencegah diabetes, penyebab utama gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan kebutaan. "Dokter mendiagnosis orang berusia 40-an dan 50-an dengan diabetes dalam jumlah yang hampir menjadi epidemi," kata Scott Greenstein, MD, dokter mata di Massachusetts Eye and Ear Infirmary dan instruktur oftalmologi di Harvard Medical School. Untuk menghindari klub itu, lakukan setidaknya setengah jam latihan aerobik tiga kali seminggu dan batasi camilan manis.

Periksa mata. American Academy of Ophthalmology merekomendasikan skrining penyakit mata dasar pada usia 40 untuk mendeteksi tanda-tanda awal masalah penglihatan seperti katarak, yang menghalangi cahaya mencapai retina; degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit yang menyebabkan kerusakan retina; dan glaukoma, kerusakan saraf optik yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di mata.

Pemeriksaan lengkap juga harus mencakup tes mata-otot-gerakan biasa dan retinoskopi untuk memeriksa astigmatisme, rabun jauh, dan rabun dekat. Setelah pemeriksaan awal, tindak lanjuti dengan pemeriksaan mata tahunan kecuali jika dokter Anda merekomendasikan pemeriksaan yang lebih sering.

Usia 50-Tahunan

Makan sayuran. Sayuran hijau gelap seperti bayam, collard greens, dan kangkung mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang tampaknya menurunkan risiko AMD. Konsumsi banyak sayuran ini, bersama dengan makanan yang mengandung vitamin E dan C, beta-karoten, dan seng, semuanya terbukti mengurangi risiko kehilangan penglihatan.

(Mengenai suplemen vitamin, bukti terbaru tidak menunjukkan manfaat yang jelas, tetapi lebih banyak penelitian sedang dilakukan.) Omega-3 dalam ikan seperti salmon atau tuna juga dapat membantu, menurut tinjauan penelitian baru-baru ini. Usahakan untuk dua porsi seminggu.

Selain itu, apa yang selalu Anda dengar tentang wortel yang baik untuk mata Anda ternyata benar. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari dua porsi per minggu menurunkan risiko glaukoma hingga 64 persen. Ditambah, tingkat beta-karoten yang tinggi dalam wortel membantu menjaga penglihatan pada malam hari.

Tetes mata Anda. Sebanyak 6 dari 10 wanita mengalami mata kering selama dan setelah menopause. Produksi air mata alami cenderung menurun seiring bertambahnya usia, penurunan kadar hormon dapat memperburuk kekeringan, dan mata mungkin lebih mudah teriritasi oleh faktor lingkungan seperti debu, obat-obatan, dan lensa kontak, kata John Huang, MD, asisten profesor di departemen oftalmologi Universitas Yale .

Periksa dengan dokter Anda untuk menyingkirkan infeksi atau penyakit autoimun, tetapi jangan khawatir kemungkinan dokter akan meresepkan obat tetes mata (seperti Restasis) atau menyarankan Anda untuk menggunakan beberapa air mata buatan bebas pengawet (seperti Systane Lubricant Eye Drops, tersedia di toko obat) sesuai kebutuhan. Omega-3 juga dapat membantu merangsang produksi air mata. Cobalah makan lebih banyak salmon atau tuna, atau pilih suplemen. (Sumber Berita: https://www.health.com/mind-body/easy-ways-to-protect-your-eyes-at-any-age). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: