Badan POM Terbitkan: Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia
Tanggal Posting : Minggu, 12 April 2020 | 09:51
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 549 Kali
Badan POM Terbitkan: Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia
Kepala Badan POM, Penny K.Lukito menunjukkan buku: Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia. Foto: Dok. Badan POM.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Badan POM menerbita buku "Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia" pada 31 Maret 2020 yang berisi tentang: Perkembangan Terapi COVID-19 di Dunia, Tata Laksana Pengobatan Pasien COVID-19 di Indonesia, dan Informatorium Obat COVID-19.

Berikut ini, Kata Pengantar dari Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Dr. Penny K. Lukito, MCP- pada buku "Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia":

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunia Nya, "Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia" telah selesai disusun dan dapat diterbitkan di tengah tengah wabah COVID-19 yang melanda Indonesia.

Seperti kita ketahui, infeksi akibat Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) mulai mewabah pada Desember 2019 di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok. Penyakit akibat infeksi SARS-CoV-2 ini kemudian dikenal dengan nama Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang pada awal tahun 2020 mulai menyebar ke beberapa negara dan akhimya meluas ke hampir ke seluruh negara di dunia. Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi global.

Di Indonesia, kasus pertama secara resmi diumumkan pada tanggal 2 Maret 2020. Mengingat penyebaran COVID-19 telah meluas dan berdampak pada aspek sosial, ekonomi, pertahanan, hingga kesejahteraan masyarakat di Indonesia, Presiden Republik Indonesia membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang antara lain bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi dan merespons terhadap COVID-19.

Sebagai bagian dari upaya penanggulangan COVID-19, Kepala Baden POM membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Badan POM. Salah satu tugas adalah menyusun dan melaksanakan penyebaran informasi bagi masyarakat, termasuk tenaga kesehatan sebagaj upaya penanggulangan COVID-19. Oleh karena itu, Badan POM merasa penting untuk menyediakan Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan infomasi obat obat utama untuk penanganan COVID-19 yang ditujukan bagi tenaga kesehatan di seluruh Rumah Sakit rujukan dan sarana kesehatan lainnya di Indonesia. Selain itu juga tentunya dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak lain yang terkait.

Informatorium ini disusun oleh Tim Badan POM dan didukung oleh Tim Ahli yang berasal dari berbagai latar belakang keilmuan di bidang kesehatan. Informatorium memuat 16 obat yang dipilih berdasarkan tatalaksana/manajemen terapi di Indonesia dan beberapa negara lain, seperti Tiongkok, Jepang, Amerika, Singapura, serta publikasi/jurnal ilmiah terkait pengembangan obat dan terapi COVID-19. Informasi pada informatorium ini disiapkan sesuai dengan perkembangan pengobatan saat ini dan dapat diperbarui sesuai dengan kemajuan pengembangan obat dan penatalaksanaan COVID-19.

Kepada semua pihak, khususnya Tim Ahli dari perguruan tinggi, fasilitas kesehatan dan profesi serta Tim Badan POM yang telah berkontribusi sehingga Informatorium Obat COVID-19 ini dapat terwujud, saya sampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik. Saya berharap Informatorium ini dapat bermanfaat dalam mendukung pengobatan dan penanganan COVID-19 di Indonesia.

TIM PENYUSUN. Pengarah: Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP., Penanggung Jawab: Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes., Ketua: Dra. Togi J. Hutadjulu, Apt., MHA.

Tim Ahli: Prof. Dr. dr. Rianto Setiabudy, SpFK., Prof. Dra. Arini Setjawati, Ph.D., Prof. dr. Faisal Yunus, Ph.D., Sp.P(K)., Dra. Lucky S. Slamet, M.Sc., Apt., dr. Erlina Burhan, Sp.P(K), M.Sc., Ph.D., Dr. dr. Cleopas Martin Rumende, SpPD, KP, FINASIM, FCCP., Prof. Dr. Elin Yulinah, Apt., Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si, Apt, Dra. Antonia Retno ’I’yas Utami, Apt, M.Epid., Dra. Endang Woro T., Apt., M.Sc., Dr. dr. Dewi Selvina Rosdiana, M.Kes., Dr. dr. Anggi Gayatri, SpFK., Dra. Retnosari Andrajati, Apt, PhD.

Anggota: Dr. Lucia Rizka Andalusia, Apt, M.Pharm, MARS., Dra. Ratna Irawati, Apt., M.Kes., Dra. Tri Asti lsnariani, Apt., M.Pharm., Dra. Nurma Hidayati, Apt., M.Epid., Daryani, S.Si, M.Sc ., Dian Putri Anggraweni, S.Si, Apt, M.Farm., Nova Emelda, S.Si, Apt., MS., Juliati, S.Si., Apt., M.Biomed/, Dra. Rumondang Simanjuntak, Apt., Hanny Musytika, S.Si, Apt, MPH., Anggi Tiarani, S.Si., Apt., Anggrida Saragih, S.Si, Apt., Ayu Candra Dewi, S.Farm, Apt., Annisa Kamil, S.Farm, Apt., Shinta Ayu Nurfaradilla, S.Farm, Apt., Fauziah Ridho, S.Farm, M.Si., Yuly Proboningrum, S.Farm, Apt., Lina Sulistia Nurrachmani, S.Farm, Apt., Anis Khilyatul Auliya, S. Farm, Apt. Redaksi JamuDigital.Com.

Berikut ini, link e-book Informatorium Obat COVID-19: https://bit.ly/InformatoriumObatCOVID19


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: