Atasi Pilek dan Sakit Tenggorokan dengan Herbal
Tanggal Posting : Selasa, 28 Juli 2020 | 16:18
Liputan : Kerjasama JamuDigital.Com dan GueSehat.Com - Dibaca : 340 Kali
Atasi Pilek dan Sakit Tenggorokan dengan Herbal
Artikel ini merupakan kerjasama JamuDigital.Com dengan GueSehat.Com sebagai upaya memberikan edukasi tentang Patologi-Penyakit dan penggunaan Obat Modern Asli Indonesia.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Hampir setiap orang pernah mengalami pilek. Pilek merupakan suatu kondisi/gejala dimana hidung mengeluarkan cairan atau lendir. Tekstur lendir bisa encer ataupun kental tergantung dari penyebabnya. Pilek terjadi bila ada proses inflamasi atau peradangan terhadap mukosa hidung.

Dijelaskan dr. Grace Santhy Sasnan, M.Si (Herb) dari Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), pilek sering disebut sebagai "Influenza atau disingkat Flu". Padahal sebenarnya, pilek berbeda dengan flu walaupun gejala yang terlihat hampir sama, seperti hidung yang berair, hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan.

Dokter Teresa Hauguel, seorang pakar penyakit infeksi saluran pernapasan di Amerika Serikat menyebutkan terdapat 3 (tiga) tipe pilek yang dapat menganggu sistem pernafasan yaitu common cold atau disingkat cold (dikenal juga dengan istilah selesma/pilek pada umumnya), flu atau influenza, dan alergi.

"Baik cold maupun flu disebabkan oleh virus namun berbeda tipe. Common Cold disebabkan oleh Rhinovirus, sedangkan flu disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, C, dan D," jelas dr. Grace.

Orang dengan flu menunjukkan gejala penyakit yang lebih berat dari pada common cold. Alergi disebabkan oleh reaksi sistem imun akibat adanya faktor pencetus (alergen), contohnya pollen (serbuk sari bunga). Reaksi yang dapat timbul selain pilek adalah gatal pada hidung disertai mata yang berair.

Penderita cold ataupun flu seringkali memiliki inisiatif untuk mengobati sendiri penyakitnya, baik dengan obat yang dijual bebas atau dengan produk herbal. Akhir-akhir ini pengobatan komplementer termasuk penggunaan herbal semakin populer antara lain untuk memelihara kesehatan dan sebagai terapi untuk penyakit yang ringan.

Penggunaan produk herbal untuk terapi pilek dan sakit tenggorokan yang tergolong dalam tipe cold dapat menggunakan tanaman herbal berkhasiat yang telah diteliti keamanan dan manfaatnya, antara lain:

1. Jintan Hitam (Nigella sativa L.)
Dikenal dengan istilah"Black Cumin". Berasal dari daerah Meriteranian dan tumbuh baik di daerah-daerah di Indonesia. Bagian tanaman yang berkhasiat adalah bijinya. Biji jintan hitam dipercaya dapat untuk mengobati berbagai penyakit seperti flu, sakit kepala, demam, asma, hipertensi, reumatik dan mengobati berbagai infeksi bakteri.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Sulistiawati, F dan Radji, M, 2014, Jintan hitam memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan antiinflamasi. Salah satu komponen aktif dalam biji Jintan hitam adalah Timokuinon yang memiliki aktivitas antioksidan, antiinflamasi, dan efek analgesik.

2. Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl)
Merupakan tanaman yang berasal dari Papua. Memiliki khasiat sebagai antikanker, antiinflamasi, antihiperglikemik, antihiperlipidemik, antibakterial, antifungi, antiviral, vasodilator, dan antioksidan.

Penelitian yang dilakukan oleh Tjandrawinata, et all. tahun 2015 yang menggunakan kombinasi antara Jintan hitam dan Mahkota dewa menunjukkan bahwa kombinasi ini memiliki aktivitas antiinflamasi yang poten.

Dengan adanya informasi diatas maka jika seseorang terkena pilek,sudah dapat menentukan tipe pilek yang dialami oleh penderita tersebut dan bagaimana tindakan kita agar tidak tertular. Bila hendak menggunakan obat herbal, pilihlah obat herbal yang telah teruji dan berkhasiat. (Sumber berita: https://www.guesehat.com/atasi-pilek-dan-sakit-tenggorokan-dengan-herbal-berkhasiat). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: