Andaliman Tanaman Langka Khas Batak Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Tanggal Posting : Kamis, 23 Juni 2022 | 08:45
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 46 Kali
Andaliman Tanaman Langka Khas Batak Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
Andaliman terkenal di Tiongkok dengan sebutan Szechuan pepper dimanfaatkan masyarakat sebagai preskripsi pengobatan sakit gigi, nyeri perut, dan diare.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah rempah-rempah endemik Tapanuli  yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan makanan khas suku Batak seperti arsik, saksang, dan campuran ke sambal memberikan citarasa enak.

Andaliman terkenal di Tiongkok dengan sebutan Szechuan pepper dimanfaatkan masyarakat sebagai preskripsi pengobatan sakit gigi, nyeri perut, dan diare.

Di Indonesia Andaliman hanya dijumpai di dataran tinggi Tapanuli, Sumatera Utara.   

Syarat hidup tanaman ini bisa berkembang dan menghasilkan buah adalah pada ketinggian 1200-1500 meter di atas permukaan laut, suhu berkisar 15°-18° C, dan kelembaban udara tinggi berkisar 85-90%.

Mengingat persyaratan tumbuh tanaman seperti itu menjadikan tanaman andaliman langka dan memiliki harga mahal.

Fenomenal Andaliman adalah cita rasa yang unik ternyata menyimpan senyawa yang berperan bagi untuk kesehatan.

Menurut dr. Daniel Christian Fernandez Hutabarat dari RS Jantung Harapan Kita, penelitian analisis biokimia andaliman yang dilakukan Wei dkk tahun 2008 dan Wei dkk tahun 2011, menemukan 140 senyawa yang berhasil diidentifikasi adalah alkaloid, terpenoid, dan flavonoid.

Senyawa ini berperan signifikan memberi efek antinyeri, antiinflamasi, antifungal, antibakterial, antioksidan, dan antikanker.

Radikal bebas merupakan komponen berkontribusi memicu berbagai penyakit dalam tubuh, pembekuan darah, inflamasi, degenerasi sel syaraf, dan karsinogenesis atau pembentukan cikal bakal sel kanker.

Studi laboratorium 1995 oleh Lu dkk menunjukkan penurunan malondialdehyde, senyawa radikal bebas pada hewan percobaan yang diberikan ekstrak minyak andaliman terjadi peningkatan aktivitas katalase, superoksida dismutase berfungsi memecah senyawa oksidan yang berbahaya bagi tubuh.

Konsentrasi radikal bebas yang tinggi erat berhubungan dengan kadar lemak jahat ’LDL’, trigliserida, dan kolesterol plasma darah yang tinggi.

Kadar lemak jahat yang tinggi ini berpotensi memicu kerusakan lapisan pembuluh darah dan berakibat kepada gangguan kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit mematikan yang cukup tinggi di Indonesia.

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan alamiah dapat menurunkan resiko munculnya penyakit-penyakit kardiovaskular seperti Penyakit Jantung Koroner, stroke, dan kematian akibat serangan jantung.

Ma dkk dalam riset hewan percobaan 2005 menyimpulkan penurunan kadar lemak LDL, trigliserida, dan kolesterol secara signifikan pada hewan setelah diberikan ekstrak minyak andaliman.

Sementara Liu dkk pada 2007 menegaskan penurunan kadar LDL dan peningkatan kadar lemak baik ’HDL’ disertai dengan penurunan kekentalan darah pada hewan percobaan yang diberikan ekstrak minyak andaliman.

Penelitian oleh Zhao dkk tahun 2020 menyimpulkan sementara adalah perbaikan fungsi kognisi dan  pencegahan kerusakan syaraf melalui aktivasi jalur sinyal Nrf2 (Nrf2 signaling pathway activation) jika dapat diimplementasikan kepada manusia.

Berdasarkn data itu ekstrak andaliman dapat menjadi pilihan pengobatan pasien berusia tua dengan penurunan kemampuan daya ingat (Sumber Berita: https://www.obatnews.com/herb/pr-4463725340/andaliman-rempah-rempah-khas-batak-yang-bermanfaat-bagi-kesehatan?page=3 ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: