111 Tahun Jamu Iboe, Sukses Adaptasi Digital Transformation
Tanggal Posting : Senin, 31 Mei 2021 | 10:40
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 591 Kali
111 Tahun Jamu Iboe, Sukses Adaptasi Digital Transformation
Perhatikan: Regenerasi Produk, Regenerasi Peminum Jamu, Regenerasi Penjual Jamu, dan Regenerasi Tempat Minum Jamu.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Inilah salah satu legenda usaha Jamu di Indonesia- yang eksis setelah 111 Tahun memproduksi Jamu, yaitu: Jamu Iboe yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur- saat ini dikelola oleh generasi ke-empat.

Apa kiatnya, apa resep cesplengnya hingga dapat melenggang lebih dari satu abad menekuni bisnis Jamu. Suatu prestasi, ditengah perubahan ekosistem bisnis dari deretan era Revolusi Industri yang kini pada terma Revolusi Industri 4.0.

"Adaptasi digital transformation kami lakukan untuk mengantisipasi perubahan pasar," tegas Stephen Walla, Direktur Utama P.T. Jamu Iboe Jaya saat berbincang pada webinar "Negeri Rempah RAMUAN 100 TAHUN- 111 Tahun Jamu Iboe," pada Jumat sore, 28 Mei 2021.

Webinar ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jamu Nasional 2021- "Memanfaatkan Peran Jamu untuk Memelihara Kesehatan Masyarakat", oleh Yayasan Negeri Rempah bersama Media Jamu Indonesia-JamuDigital sebagai media partner.

Peran Jamu

Webinar selama dua jam ini, terasa ’renyah’ karena membahas historia bisnis keluarga di bidang Jamu- yang  dipandu oleh Chaedar Saleh dari Yayasan Negeri Rempah dan dua penanggap, yaitu: Nova Dewi Setiabudi, Pendiri Suwe Ora Jamu, dan Karyanto, Pendiri JamuDigital.

Berikut ini penuturan Stephen Walla, menanggapi- menjawab pertanyaan saat webinar:

Sejarah Jamu IBOE, didirikan pada tahun 1910 di Jalan Ngaglik 3-5, Surabaya, Jawa Timur. Didirikan oleh seorang ibu bernama Tan Swan Nio dan anaknya Siem Tjiong Nio. Filosofi "IBOE": memberikan apresiasi kepada seorang ibu yang merupakan sosok dalam keluarga yang selalu memperhatikan kepentingan & terutama kesehatan seluruh anggota keluarganya.

Manfaat Jamu: Preventif (Mencegah), Promotif (Meningkatkan), Kuratif (Mengobati), Rehabilitatif (Memperbaiki), dan Paliatif (Meredakan). "Jamu sebaiknya dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan, jangan menunggu sakit baru minum jamu," Stephen memberikan saran.

Tantangan Industri Jamu. Salah satu tantangan utama di Industri Jamu: Produk Jamu selalu diidentikkan dengan Produk Jamu seduh tradisional. Sebagian besar perusahaan Jamu mulai produksi & besar dengan produk Jamu seduh tradisional.

Market Size Jamu seduh tradisional terus menyusut, kenapa? Persepsi Jamu seduh tradisional adalah minuman tradisional yang kuno, pahit, tidak enak, dan tidak praktis. Peminum Jamu seduh tradisional terus berkurang karena orang tuanya tidak membiasakan anak-anaknya minum Jamu.

Peminum Jamu seduh tradisional susah mencari tempat untuk meminum Jamu. Penjual Jamu seduh tradisional berkurang karena anak-anaknya tidak mau meneruskan usaha menjual Jamu yang dianggap kurang keren/kurang kekinian.

111 Tahun Jamu Iboe

Strategic Product Development Action. Dari tantangan-tantangan tersebut, kita melihat bahwa inovasi untuk Regenerasi adalah salah satu hal yang harus & sangat penting untuk dilakukan.

Rgenerasi tersebut, meliputi: Regenerasi Produk, Regenerasi Peminum Jamu, Regenerasi Penjual Jamu, Regenerasi Tempat Minum Jamu.

Dari 3 kategori produk Jamu, pada saat ini kita mengambil strategic action dengan berinovasi & mengembangkan varian produk-produk health drinks, dengan umbrella brand "IBOE Natural Drink".

Dengan produk IBOE Natural Drink ini, kita berharap bisa meremajakan produk Jamu secara keseluruhan. Kita berinovasi dengan mengangkat & mengemas minuman Jamu menjadi minuman lifestyle & kekinian.

Kita berinovasi dengan menkreasikan minuman Jamu menjadi kekinian... enak, segar, tetapi tetap sehat. Jamu Industry to F&B Industry. Bisa shift & masuk ke Industri Makanan & Minuman dan Kuliner, sehingga bisa dipasarkan ke distribution channel yang jauh lebih luas dan di tempat yang modern: Modern Retail Channels: MT, GT. Warung-Warung. Hotels, Restaurants, Café (HoReCa), Catering Service.

Regenerasi Tempat Minum Jamu. Kedai Jamu-IBOE Herbal Bar. Dengan minuman Jamu yang lebih modern ini, kita bisa membuat konsep kedai Jamu, "IBOE Herbal Bar", yang bisa hadir di tempat-tempat lifestyle: mall, tempat wisata, sekolah, kampus, rumah sakit, mall & pusat keramaian.

"Ini bisa menjadi tempat distribution channel yang baru, sarana promosi dan juga potensi untuk menjadi profit center," papar Stephen.

Regenerasi Tempat Minum Jamu Toko & Kafe Jamu-IBOE Griya Herba. Kedai Jamu-IBOE Herbal Bar. IBOE Herbal Bar bisa ikut berkompetisi di dunia F&B/Kuliner dan mendapatkan 1st Place Foodstall Beverage of the Year Award di Mandiri Jawa Pos Culinary Awards 2019.

Adaptasi Digital Transformation. Krisis COVID-19 ini membuktikan bahwa perubahan & penggunaan teknologi Digital di dunia bisnis sudah menjadi suatu keharusan, bukan lagi pilihan. Online sales: Terus meningkatkan & memaksimalkan penjualan online melalui beragam online platforms.

Home Delivery Service (HDS). Banyak aktivitas kita menjadi terpusat di Whatsapp. Semakin mendekatkan diri ke konsumen & memudahkan mereka untuk bertransaksi dengan memberikan fasilitas untuk order products via Whatsapp: chat, pay & receive the products.

Reseller Program. Memberikan kesempatan kepada karyawan yang dirumahkan akibat penutupan outlets Jamu untuk masih tetap bisa berjualan Jamu. Memberikan kesempatan kepada pihak ketiga untuk bisa ikut menjual products Jamu IBOE.

Online promotions. Online Talkshow Programs: Online Stores/Marketplace Live, Social Media platforms Live: FB Live, IG Live & IGTV, youtube.

Online promotion tool. Imooji: sarana online yang sangat efisien & efektif untuk membuat brosur interaktif, undangan event, katalog produk & jasa. Bisa di share di Whatsapp, Social Media.

Kolaborasi. Kita ingin terus hadir lebih dekat dengan masyarakat. Kita harus bergerak cepat. Kolaborasi dengan partner yang ahli di bidang nya mempercepat & memperluas pencapaian target. Kolaborasi: Promosi-Product Development.

Karyanto JamuDigital

Jamu Pairing bersama Partner Horeca. F&B Product Development bersama Partner Horeca-Berkreasi meramu minuman Jamu/Wedang untuk daya tahan tubuh.

F&B Product Development bersama Ria Resto-Berkreasi memasak & meramu makanan & minuman yang enak & sehat supaya tidak bosan waktu di rumah saja dengan inspirasi resep dengan menggunakan produk IBOE Natural Drink.

Herbal Ice Cream Product Development bersama de boliva- Ice cream adalah salah satu produk kuliner yang bisa dinikmati & membantu relaksasi pada saat banyak menghabiskan waktu di rumah saja. - Develop herbal ice cream products "Kulit Manggis", "Jahe" & "Kunyit Asam" yang memberikan nilai tambah dengan fungsi peningkatan daya tahan tubuh.

Jamu Iboe telah membuktikan esistensinya dalam menggeluti bisnis Jamu yang terus dinamis mengikuti perubahan zaman. Pembelajaran berharga untuk para pengusaha Jamu, agar langgeng dan sehat bisnis Jamunya. Selamat Jamu Iboe! Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: