103 Tahun Jamu Jago, Teruji Jago Melestarikan Jamu
Tanggal Posting : Rabu, 2 Juni 2021 | 06:28
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 481 Kali
103 Tahun Jamu Jago, Teruji Jago Melestarikan Jamu
Corporate value Jamu Jago diterapkan sejak berdiri, yaitu: Ojo Dumeh dan Rukun Agawe Santoso.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Pakar manajemen menyebutkan terma yang menjadi ikon perusahaan- yang mampu beroperasi ratusan tahun, yaitu: Menghargai tradisi, Kompetensi operasional, Adaptasi zaman, dan Piawai melayani kebutuhan pelanggan.

Ada sejarah panjang yang ditorehkan sejumlah perusahaan Jamu di Indonesia. Diantaranya Jamu Jago- yang terbukti jago melestarikan Jamu. Pada 2021 ini- kehadiran Jamu Jago melegenda selama 103 tahun- eksis memproduksi Jamu.

"Saat ini, Jamu Jago dikelola oleh generasi ke-empat," tutur Ivana Suprana, Direktur Utama PT Djago menjawab Redaksi JamuDigital.Com, pada 1 Juni 2021- bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Dari Wonogiri ke Semarang, Terbang ke Pasar Dunia

Ivana Suprana mengisahkan estafet pengelolaan Jamu Jago yang berjalan mulus dari generasi ke generasi. Jamu Jago didirikan oleh T.K. Suprana di Wonogiri pada 1918, kemudian dilanjutkan oleh Generasi ke-Dua,  yaitu: Anwar Suprana, Panji Suprana, Lambang Suprana, dan Bambang Suprana.

Proses produksi mulai menggunakan mesin-mesin modern dan pemasaran dikembangkan ke seluruh Nusantara, dan pusat kegiatan dipindahkan ke kota Semarang.

Generasi ke-Tiga, di bawah pimpinan Jaya Suprana terus mengembangkan produk-produk, diantaranya Buyung Upik- Jamu dalam bentuk serbuk instant pertama di dunia untuk anak-anak. Pemasaran terus dikembangkan hingga mancanegara, dan juga didirikan Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 1990.

Generasi ke-Empat, terus melanjutkan perjuangan dengan mengedepankan inovasi-inovasi produk, untuk memastikan ’nilai-nilai baik’ Jamu dapat terus dinikmati generasi mendatang. Ditandai dengan lahirnya Bebe Roosie, yaitu minyak telon dalam bentuk cream, dan juga seri Alamix, yaitu Jamu minuman nusantara dalam kemasan praktis dan siap diseduh di rumah.

Media Jamu, Nomor Satu

Filosofi Corporate Value

Corporate Value yang terus diterapkan sejak berdirinya perusahaan adalah "Ojo Dumeh dan Rukun Agawe Santoso." Seiring perkembangan zaman, Jamu Jago mulai lebih banyak melibatkan tenaga-tenaga profesional dan sistem produksi yang  terus dikembangkan sesuai persyaratan CPOTB dari BPOM.

Perlu senantiasa tanggap menghadapi kebutuhan pasar, oleh karena itu- inovasi menjadi sangat penting dalam menghadirkan Jamu yang merupakan budaya ratusan tahun untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial yang serba instan dan praktis.

Mendisain Brand Unggulan

Jamu Jago terkenal dengan produk Jamu untuk pria, yang dahulu dikenal dengan nama ESHA, dan masih terus diproduksi hingga sekarang. Produk tersebut terus dikembangkan- yang lebih modern dengan nama Purwoceng.

Selain itu, produk yang menjadi kebanggaan kami adalah Buyung Upik, yaitu Jamu pertama di dunia yang diproduksi dalam bentuk serbuk instant. Buyung Upik diciptakan untuk meneruskan tradisi "Jamu Cekok", tetapi dalam bentuk yang praktis dan enak untuk menambah nafsu makan anak-anak. Saat ini, Buyung Upik memiliki 9 varian rasa, dan juga dikembangkan Buyung Upik Susu dengan 4 varian rasa dan Buyung Upik sirup Masuk Angin Anak (BUMA).

infografis 100 Tahun

Infografis perjalanan sejarah 100 Tahun Jamu Jago. Sumber: web Jamu Jago.

Harmoni Estafet Bisnis 

Jamu sudah menjadi bagian yang sangat melekat di dalam keluarga Suprana, berawal dari mimpi pendiri T.K. Suprana yang ingin menghadirkan Jamu dengan kualitas yang sama dan mudah diakses di mana-mana.

Merupakan suatu kebanggaan, apabila hasil karya kami dapat menyehatkan dan memberikan manfaat positif bagi banyak orang.

Selain itu, kami juga ingin senantiasa menularkan rasa cinta dan bangga kami terhadap Jamu, kekayaan budaya Nusantara.

Jamu Jago telah memproduksi lebih dari 138 macam Jamu. Dari tahun ke tahun seluruh produk ini, telah banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan penyakit, menjaga stamina, memperindah penampilan dan menjaga kesehatan.

Produk-produk Jamu Jago telah melanglang buana, antara lain: ke Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada dan Australia. Sejarah produk Jamu Jago berawal dari Wonogiri, bergeser ke Semarang, kemudian terbang jauh ke berbagai negara!  Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: